Berita Terkini

Dewan Tuba Persoalkan Fasilitas
TULANGBAWANG - Sejumlah anggota DPRD Tulangbawang mempertaya
Dishub Tuba Gelar Razia Izin Trayek
TULANGBAWANG - Guna memaksimalkan target Penghasilan Asli Da
PTUN Kembalikan Tanah Milik Suratno
MESUJI - Setelah melalui tahapan yang cukup melelahkan, akhi
Kirim Berkas, Pendaftar CPNSD Rela Berjalan Kaki
MESUJI - Status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) nampaknya
Diskan Lampura Bangkitkan Pokmaswas Sungai
LAMPURA - Maraknya aksi pelanggaran untuk mendapatkan ikan d
Warga Diminta tak Bakar Ladang
WAYKANAN - Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut)
Angka Kematian Bayi di Mesuji Masih Tinggi
MESUJI - Masalah kematian ibu dan bayi masih meliputi Kabupa
Massa Tuntut Pejabat Lamtim Mundur
LAMTIM - Ratusan pengunjuk rasa dari Forum Masyarakat Lampun


Alzier-Herman Beda Tipis Mukhlis Melesat Naik

| E-mail Send | Cetak Print | PDF PDF

SURVEI yang digelar  Lingkar Survei Independen (LSI) pada 5-19 April 2013 menyebut, Alzier Dianis Thabrani merupakan bakal calon gubernur (Baongub) terpopuler, terpaut tipis di bawahnya Herman HN dan Mukhlis Basri, Bupati Lampung Barat dua periode itu melesat naik.

Survei yang menganalisa opini publik dengan jumlah responden 1000 orang di 14 kabupaten/kota se Lampung itu, menggunakan multistage random sampling dan responden diwawancarai tatap muka.

Alzier menang di Lampung Selatan 24,5 % dan Bandarlampung 23,6 %, Pesawaran yang merupakan kampung halaman dari Ketua DPD I Golkar itu memimpin jauh dengan tingkat elektabilitas sebesar 41%."Ada peningkatan yang cukup signifikan di Kabupaten Lampung Selatan untuk Alzier dari sebelumnya yang hanya di kisaran 13 % menjadi 23,6 %," kata Direktur LSI Bagus Andriansyah, kemarin.

Dijelaskan Bagus, di Kota Bandarlampung elektabiltas Alzier tetap 23,6 % tapi tokoh ini masih diharapkan masyarakat untuk turun ke bawah, blusukan langsung menyentuh masyarakat.

Sementara Herman HN menang di Lampung Timur 28,1% , Lampung Tengah 27,2 % dan Pringsewu 26,7% namun di Bandarlampung 18,1 %. "Walikota Bandarlampung itu mengalami penurunan tingkat elektabilitas yang cukup signifikan dibanding dengan hasil survei periode lalu, dimana Herman HN mampu leading lebih jauh, penurunan elektabilitas Herman HN ditenggarai kenaikan PBB yang saat ini bergulir di tengah masyarakat kota," terang Bagus.

Jauh melesat, tingkat elektabilitas Mukhlis Basri di Kabupaten Lampung Barat bahkan sangat jomplang, Mukhlis mampu unggul 53,5 % di antara 8 bakal calon gubernur lain. Mukhlis efektif meningkatkan popularitas dan elektabilitasnya di daerah basis - basis PDIP serta perdesaan. "Mukhlis menuai raihan positif dengan menggunakan tagline anak petani,” jelasnya.

Selain unggul di Lampung Barat, Mukhlis juga unggul di Waykanan dan Tanggamus dengan masing-masing tingkat elektabilitas di atas 30 persen.

Survei LSI itu merilis, popularitas pertama diduduki  Alzier D Thabranie (21,2 %), lalu beda tipis dengan Herman HN (21,1% ). Nomor 3. Mukhlis Basri (20%). 4. Amalsyah Tarmizi (9,9%). 5.M. Rido Ficardo (9,4 %). 6.Berlian Tihang (8,4 %). 7.Riswan Toni (4,5 %). 8. Zainudin Hasan (3,6%) serta 9. Ferdinan Sampurna Jaya (1,9 %). “Margin of error survei itu 3,5 persen,” tegas Bagus. (lis/dre)



Baca Juga
Berita Lainnya