Minggu, 18 Juni 2017

Tokoh Adat Lamteng Dukung Mustafa

 Majunya Bupati Lampung Tengah (Lamteng),  Mustafa dalam Pilgub 2018 mendatang mendapatkan dukungan tokoh penyeimbang adat dari sembilan marga di Lamteng. Mereka bahkan mengaku bangga jika nantinya salah satu putera daerah Lamteng bisa menjadi pucuk pimpinan di Lampung. 

Pangeran Raja Asli Buminabung Ilir  mengatakan, Marga Unyi, Nunyai, Subing, Beliuk, Nuban, Anak Tuha, Nyerupa, Pubian Telu Suku, dan Selagai ini menjadi salah satu akar budaya di Lamteng yang tetap hidup sampai saat ini. Menurutnya, melihat kiprah Mustafa selama menjadi bupati Lamteng maka layak menjadi Gubernur Lampung.

"Kami sangat mendukung jika Pak Mustafa mencalonkan diri sebagai gubernur. Bahkan bangga sekali jika nantinya beliau bisa memimpin Lampung. Beliau adalah asli putra daerah Lamteng. Tidak ada alasan untuk tidak bangga," katanya saat menghadiri acara silaturahmi penyeimbang adat di gedung Sesat Nuwo Balak, Minggu, (17/6).

Senada disampaikan Minak Suttan Pakal Adat Marga Subing Kampung Terbanggibesar bahwa untuk kemenangan Mustafa dalam pilgub mendatang, pihaknya siap menyatukan suara dari seluruh sanak famili penyimbang adat di Marga Subing.  "Kami akan lakukan pendekatan kekeluargaan. Kami akan kerahkan sanak famili, tata titih, sabai dan seluruh keluarga untuk bisa mendukung beliau menjadi gubernur. Kami optimis beliau bisa menang," ujarnya.

Sementara itu, Suttan Penyimbang Agung Gunungsugih berharap jika Bupati Mustafa menjadi gubernur agar dapat melestarikan budaya-budaya Lampung secara luas. 
"Selama ini perhatian beliau terhadap adat istiadat Lampung sudah sangat besar. Kedepan dengan peran beliau sebagai gubernur, diharapkan perhatian ini bisa lebih besar juga. Kita nasionalkan budaya Lampung," ucap Suttan. 

Dengan ketokohan Mustafa yang rendah hati, dekat dengan masyarakat, dan mampu merangkul semua elemen, dirinya yakin keinginan masyarakat agar Gubernur Lampung berasal dari putera daerah Lamteng dapat terwujud.  "Kami optimis beliau bisa menjadi gubernur. Dan jika ini terealisasi tentunya kami akan sangat bangga. Saya hanya berharap beliau bisa menjalankan amanah yang diemban," pungkasnya.(san/asa)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar