Rabu, 07 Juni 2017

Pemprov Lampung Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

BANDARLAMPUNG - Pemerintah Provinsi Lampung melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
“Selamat hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia. Kita Pancasila. Semua Anda Pancasila, Saya Indonesia, Saya Pancasila”
Demikian Sambutan Presiden RI yang dibacakan oleh Sekda Provinsi Lampung Ir. Sutono mewakili Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menjadi Inspektur Upacara Dalam Rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945-1 Juni 2017 yang dilaksanakan di Lapangan KORPRI Kantor Gubernur Lampung, Kamis (01/06/2017).
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Berdasarkan SK Presiden RI Joko Widodo Nomor 24 Tahun 2016 yang memutuskan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila, Tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional, serta Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.
Dalam sambutan Presiden RI Joko Widodo bahwa Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila untuk pertama kalinya ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
“Kodrat Bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari sabang sampai merauke adalah keberagaman. Dari miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk indonesia. Itulah kebhineka Tunggal Ikaan kita”, ujarnya.
Namun, kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini sedang mengalami tantangan. Kebinekaan kita sedang diuji. Saat ini, ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebinekaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong.
"Oleh karena itu, saya mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, biksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh elemen masyarakat untuk menjaga Pancasila. Pemahaman dan pengalaman Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan. Ceramah keberagaman, materi pendidikan, fokus pemberitaan, dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengalaman nilai-nilai Pancasila", himbaunya.
Dalam amanat nya Presiden juga berharap Indonesia harus bahu membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan pancasila, kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran.
Upacara Peringatan Hari Pancasila juga dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Lampung, Staff Ahli Gubernur, Asisten Sekretaris Daerah, Seluruh Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator serta Pejabat Pengawas. (Humasprov)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar