Minggu, 11 Juni 2017

Lima Nama Artis Beken Menggema Siap Laga

//Heruk-Pikuk Jelang Pilgub Jawa Barat//
Sedikitnya lima artis papan atas yang namanya menggema  di Pilkada Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2018. Kelima nama pesohor tanah air itu adalah Wakil Gubernur Petahana Dedi Mizwar, Desy Ratnasari, Primus Yustisio, Dede Yusuf, dan Rieke Diah Pitaloka. Benarkan mereka akan tarung di Pilgub Jabar?
Memang kelimanya di dunia politik bukan barang asing lagi. Sebab, kelimnya selama ini sudah berkiprah mengabdikan diri di politik. Desy Ratnasari dan Primus Yustisio merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN), Dede Yusuf kader Partai Demokrat, Rieke Diah Pitaloka sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan sang petahana, Dedi Mizwar disebut-sebut orangnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
Kelima nama artis ini diyakini mempunyai kans yang besar dalam peta politik Pilgub Jabar 2018 nanti mengingat sejumlah hal, di antaranya popularitas, elektabilitas, kekuatan figur, serta track record. Mereka tak gentar dengan munculnya nama Walikota Bandung Ridwan Kamil, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.
Lantas, siapakah di antara lima artis bakal cagub Jabar ini yang memiliki peluang besar? Bagaimana profil singkatnya?  Dedi Mizwar, terkenal dengan lakon legendaris tanah air “Naga Bonar” pria kelahiran Jakarta, 5 Maret 1955 ini memiliki modal kuat untuk naik level menggantikan kursi duetnya, Gubernur Petahana Ahmad Heryawan (Aher). Dedi Mizwar yang sejak 13 Juni 2013 dilantik menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat memiliki sejumlah amunisi yang mumpuni untuk bertarung pada Pilgub Jabar 2018.
Pertama, statusnya sekarang sebagai Wakil Gubernur Petahana. Kedua, PKS merupakan salah satu partai besar yang memiliki suara cukup signifikan pada Pemilu Jawa Barat kemarin. Dan ketiga, figur atau ketokohan aktor senior Indonesia yang dikenal ramah, hangat tapi juga tegas. Dedi pun telah menyatakan bahwa dirinya siap untuk maju pada perhelatan pesat demokrasi di Jawa Barat itu serta bersaing dengan siapapun lawannya nanti, termasuk Ridwan Kamil.
“Insya Allah, saya siap maju, tapi kalau ada yang mendukung. Saya juga siap bersaing, karena semuanya juga memang harus bersaing,” kata Dedi.
Selanjutnya, Desy Ratnasari. Mojang asli kelahiran Sukabumi, 12 Desember 1973 ini adalah salah satu referensi artis yang hijrah menjadi dan fokus menjadi politisi. Desy Ratnasari yang kini menjabat anggota DPR RI periode 2014-2019 melalui PAN untuk daerah pemilihan (dapil) Sukabumi.
Artis, model iklan, penyanyi, pesinetron, hingga pembawa acara adalah sederetan pekerjaan yang digelutinya sebelum menjadi anggota DPR RI, Kerap memerankan peran protagonis, membuat banyak publik yang menyukai Desy sehingga hal ini merupakan salah satu faktor yang meringangkan langkahnya untuk menjadi wakil rakyat.
Jelang Pilkada Jabar 2018, nama Desy Ratnasari digembar-gemborkan sebagai bakal calon Gubernur Jabar karena memiliki popularitas yang cukup tinggi dan kuat. Apalagi Dessy merupakan salah satu bakal calon dari kalangan perempuan yang notabene asli Sunda.
Perempuan yang beralmamater Universitas Indonesia itu juga telah menyatakan bahwa dirinya siap untuk maju sebagai kontestan Pilkada Jabar 2018 itu atas dasar perintah partai. “Saya memang sedang mempersiapkan diri untuk menuju ke sana (Pilkada Jawa Barat, red). Mohon doanya, semoga tercapai. Tentu saya ini berdasarkan kehendak partai, maka apapun itu akan saya turuti,” kata Desy.
Desas-desusnya, Dessy akal ‘dikawinkan’ dengan Bupati Purwakarta petahana Dedi Mulyadi sebagai pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat pada Pilkada nanti. Upaya ‘perjodohan’ ini diungkapkan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, dalam suatu acara di Purwakarta beberapa waktu lalu.
Artis ketiga, Dede Yusuf.  Kans besar juga dimiliki aktor kawakan Dede Yusuf yang pernah menjabat Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2008-2013 bersama Aher kala itu. Pemilik nama lengkap Dede Yusuf Macan Effendi yang sekarang dipercaya sebagai Ketua Komisi IX bidang Tenaga Kerja, Kependudukan dan Kesehatan DPR RI itu resmi menjadi kader Partai Demokrat pada 2013.
Karir politik Dede terbilang sangat baik, karena sebelumnya dirinya juga terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2004-2008, namun lewat PAN, yang tak lama kemudian pindah ke Partai Demokrat.
Sosok yang kerap membintangi film laga ini pernah menjadi pesaing mantan duetnya, yakni Gubernur Petahan Ahmad Heryawan pada Pilkada Jawa Barat 2013 lalu. Dede maju bersama bekas calon wakil gubernurnya, Lex Laksamana. Sayangnya, dewi fortuna belum berpihak kepada kubu pasangan nomor urut 3 waktu itu.
Keempat, Rieke Diah Pitaloka, artis cantik yang melejit di sinetron situasi komedi (sitkom) sebagai pemeran Oneng ini, kini terbilang sudah 100 persen mengabdikan dirinya sebagai politisi dan wakil rakyat. Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari atau yang karib dengan nama Rieke Diah Pitaloka, aktris kelahiran Garut, 8 Januari 1974 silam itu tengah menjalankan profesinya sebagai anggota DPR RI dari fraksi PDIP.
Karir politiknya terbilang sederas karir keartisannya. Buktinya, alumnus S2 Jurusan Filsafat Universitas Indonesia (UI) itu menjabat sebagai anggota DPR RI dua periode, yakni 2009-2014 dan 2014-2019. Salah satu buah tangan Rieke dalam dunia politik adalah menjadi anggota Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-undang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS).
Bersama Teten Masduki, Rieke juga pernah mencalonkan diri sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada Jabar 2013 lalu dengan mengusung nama PATEN, akronim dari kedua nama mereka. Nasib Rieke sama dengan rekan sesama artisnya, Dede Yusuf, yaitu gagal mendulang suara banyak agar menang pada Pilkada Jabar 2013 lalu.
Nah, pada Pilkada Jabar 2018 nanti, nama Rieke kembali disebut-sebut bakal maju sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat untuk kali kedua. Modal mojang Sunda yang memerankan tokoh Ibu Ikal pada film Laskar Pelangi tahun 2008 itu adalah popularitas, figur dan pengalaman. Rumornya, Rieke akan ditandemkan dengan Ketua DPD PDIP Jabar, Mayjen TNI (Purn) Tubagus Hasanuddin.
Terakhir, Primus.  Jika dibandingkan dengan empat nama artis sebelumnya, pemeran utama serial pahlawan super Indonesia “Panji Manusia Milenium” satu ini tidak  kalah saing. Pada tahun 2008 silam, Primus sempat menggemparkan jagad selebritis dan dunia politik Indonesia dengan maju sebagai kandidat Bupati Subang bersama Agus Nurani.
Kalah, tak membuat artis ganteng ini patah aral. Setahun kemudian, pada Pemilu Legislatif 2009, Primus dicalonkan PAN sebagai anggota DPR RI Dapil Jawa Barat dan terpilih. Pada Pemilu Legislatif 2014-2019, suami aktris cantik Jihan Fahira ini kembali maju dan terpilih lagi sebagai legislator di Senayan, Jakarta. (nas)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar