Rabu, 07 Juni 2017

Indek Demokrasi Indobesia Lampung Urut 26 Nasional

BANDARLAMPUNG - Provinsi Lampung menjadi urutan Ke26 dari 34 Provinsi se Indonesia,  untuk Indek  Demokrasi Indonesia (IDI). Untuk itu,  Kementerian Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Mekopolhukam) RI meminta Kepala Daerah,  dalam hal ini Gubernur,  dan Sekda Lampung,  aktif dalam meningkatkan IDI di Lampung. 

Asisten Deputi Sosial Politik Dalam Negeri, Menkopolkam RI,  Brigjen Widiyanto mengatakan IDI Lampung rendah,  dan ini harus menjadi perhatian.  Aneh jika Gubernur tidak tahu soal IDI,  "Gubernurnya gak tau ini,  padahal sudah ada edaran Mendagri,  Gubernur harus aktif,  Ketua IDI nya Sekda,  Lampung rendah, " kata Widi,  selaku penanggung jawab IDI Indonesia, saat membuka Fokus Group Diskusi IDI 2016, di Emersia, Hotel Bandarlampung. Selasa,  (6/6).

Widiyanto menjelaskan IDI itu melihat banyak asfek,, mulai dari Transparansi anggaran yaitu APBD ada di Website,  HAM,  Pelayanan Publik,  Trust Publij,  pendidikan dan pelayanan kesehatan, pelayanan eksekutif dan legislatif,  peran partai politik,  kebebasan berpendapat,  termasuk aksi aksi abarkis.

"Dulu masih ada APBD bisa dilihat di website,  sekarang Lampung tidak ada sama sekali. Komplik komplik masuk media,  aparat polisi salah tangkap,  melanggar ham,  perda perda,  demo disikapi keras aparat,  atau sebalikbya,  termasuk demo yang dihalangi masyaralat lain," katanya. 

Sementara Kaban Kesbangpol Lampung Kolonel Irwan S Marpaung menyatakan akan segera merespon terkait  perkembangan IDI, dan Lampung harus bisa leboh baik.  "Kita akan catat hasil FGD ini,  sebagai bahan untuk leboh respob terhadap poibt poibt IDI, " katanya. 

Terkait ketidak tahuan Gubernur,  pihaknya alan segera membetahukab tentang hal ini.  "Kita akan bertemu dan sampaikan kepada Gubetnur,  Sekda selaku ketua,  termasuk soal anggaran., " katanya. (Rls).
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar