Selasa, 13 Juni 2017

Honorer Disdukcapil Tuba Kena OTT

TULANGBAWANG - Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tulangbawang berhasil menangkap tangan pelaku pungutan liar (pungli) dalam pembuatan KTP di Disdukcapil Kabupaten Tulangbawang.

Zul (28) salah satu pegawai honorer Disdukcapil Kabupaten Tulangbawang berhasil ditangkap tangan anggota Tipikor Polres Tulangbawang saat nelakukan pungli kepada masyarakat pembuat KTP, Senin (12/06/2017).

Zul ditangkap oleh anggkra Tipikor bersama barang bukti uang Rp.100 ribu beserta dua unit handphone, dan dua unit KTP. Ia langsung dibawa ke Mapolres Tulangbawang untuk penyidikan.

Korban pungli pembuatan KTP, yakni Made (25) dan Lusiana (22) warga di Kecamatan Gedung Aji. Keduanya mengaku memberikan uang sebesar Rp.30 ribu kepada Zul untuk pembuatan KTP.

"Kami terpaksa memberikan uang, karena kalau tidak memberi uang KTP kami tidak akan jadi. Saat kami datang di Disdukcapil untuk membuat KTP, langsung dijawab oleh pegawai blangko KTP habis," ujar Made kepada wartawan di Mapolres Tuba.

Lalu, sambung Made,  Ia (Zul) datang dan menawarkan untuk membantu agar pembuatan KTP bisa jadi. "Tapi namanya dibantu ya ada uang jasanya Rp.30 ribu. Jadi saya sanggupi karena kami perlu KTP secepatnya untuk persyaratan nikah " kata Made yang mengaku membuat KTP untuk persyaratan nikah dengan Lusiana.

Kasat Reskrim Polres Tulangbawang AKP Effendi mengatakan operasi tangkap tangan (OTT) di Disdukcapil tersebut lantaran banyaknya laporan masyarakat yang mengeluhkan adanya pungli dalam pembuatan KK, KTP dan Akta Kelahiran.

"Dari laporan tersebut maka kita lakukan investigasi dan langsung kita lakukan OTT. Ternyata benar memang ada pungli dalam pembuatan KTP dan KK di Disdukcapil Tulangbawang," terang Effendi.

Menurut Kasat Reskrim, tersangka dan korban telah dimintai keterangan. "Akan kita dalami apakah pungli ini dilakukan bersama-sama atau individu, apakah ada perintah dari atasanya masih kita dalami," jelasnya. (tri).


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar