Minggu, 11 Juni 2017

Gubernur Ridho: GSMK Tulangbawang Ikut Membantu Kemajuan Lampung

MENGGALA--Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengapresiasi Gerakan Serentak Membangun Kampung (GSMK) Pemerintah Kabupaten Tulangbawang. Menurut Gubernur, GSMK merupakan salah satu program terbaik yang diberikan Tulangbawang untuk kemajuan Provinsi Lampung.
Gubernur Ridho mengakui, GSMK menginspirasi Pemerintah Provinsi (Pemropv) Lampung untuk membuat program serupa yakni Gerakan Membangun Desa Sai Bumi Ruwa Jurai (Gerbang Saburai). Lewat Gerbang Saburai, Gubernur Lampung meraih penghargaan sebagai pembina provinsi terbaik ketiga yang diberikan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi.
"Ini merupakan program pemerintah untuk percepatan penanggulangan kemiskinan yang berbasis perdesaan khususnya di desa tertinggal," kata Gubernur Ridho Ficardo saat Safari Ramadhan di Kabupaten Tulangbawang, di Menggala, Kamis (8/6/2017). Pada kunjungan ini, Gubernur menyerahkan bantuan Rp20 juta untuk masjid, Rp20 juta untuk 100 anak yatim, dan 100 paket sembako bagi duafa.
Menurut Ridho, berkat dukungan pemerintah kabupaten, kota, dan masyarakat, menempatkan daya saing nasional Provinsi Lampung di posisi 14 dari sebelumnya di urutan 25 menurut lembaga kajian daya saing The Asia Competitiveness Institute, National University of Singapore. "Pemerintah Provinsi Lampung terus bekerja keras guna mempercepat kemajuan pembangunan terutama dalam infrastruktur," kata Gubernur.
Salah satunya, dengan mempercepat Program Lampung Terang 2019. Pemerintah Provinsi Lampung menandatangani kerjasama dengan PLN untuk mendukung pembangunan listrik di seluruh desa. "Tentunya upaya ini tidak akan terwujud tanpa dukungan semua pihak terutama pemerintah daerah kabupaten kota sebagai ujung tombang pemerintahan," kata Gubernur.
Gubernur Ridho juga berharap pemerintah dan masyarakat Tulangbawang memperoleh manfaat terkait akan dioperasikannya Jalan Tol Trans Sumatera pada 2018. "Saya berharap masyarakat dan pemerintah dapat menggali potensi daerah yang dilintasi. Pemerintah dan masyarakat harus benar-benar mengambil keuntungan dari pembangunan jalan tol ini dengan jeli melihat peluang seperti mengembangakan kawasan industri untuk pemberdayaan masyarakat," kata Gubernur.
Ketika memberikan kata sambutan, Bupati Tulangbawang, Hanan A. Rozak, mengatakan kesiapan dalam menghadapi Hari Raya Idulfitri 1438 Hijriah. Pemerintah Kabupaten Tulangbawang menjamin ketersediaan bahan pangan, sarana, dan prasarana. Secara keseluruhan ketersedian bahan pangan aman dan tidak ada permasalahan berarti. Jalan nasional di Tulangbawang mencapai mantap 90%. Namun karena kondisi cuaca, kondisinya menjadi 80% mantap. Jalur alternatif Simpang Penawar-Rawajitu pun dapat dilalui pemudik.
Hanan juga menyinggung keberhasilan Tulangbawang menambah luas lahan sawah menjadi 4.000 hektare. Kemudian, program lumbung ternak di Tulangbawang pun secara bertahap terlaksana dan pemberian bibit sapi secara terintegrasi. (Humasprov)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar