Kamis, 15 Juni 2017

DPC Bandar Lampung Gelar Lomba Pidato Pakai Bahasa Lampung

BANDARLAMPUNG - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Bandar  Lampung menggelar lomba pidato pancasila di Kantor DPC PDIP Kota Bandar Lampung, Kamis (15/6).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh tepat tanggal 1 Juni. Menariknya, lomba pidato tersebut, peserta diwajibkan menggunakan bahasa lampung saat menyampaikan pidatonya.

Ketua DPC PDIP Kota Bandar Lampung, Wiyadi mengungkapkan, terselenggaranya kegiatan ini merupakan atas ide kreatif daru Plh Ketua DPD PDIP.

Ketua DPRD Kota Bandar Lampung ini juga mengutarakan rasa kagumnya kepada mantan Walikota Surabaya itu.

"Jujur ini ide kreatif ini merupakan usul dan ide dari Pak Bambang DH. Saya sendiri agak malu juga, karena kita tinggal di lampung malah tidak memikirkan itu. Tapi beliau baru dua bulan di Lampung, belaiu punya ide krwatif ini," ujarnya.

Dengan kegiatan ini, Wiyadi berharap bahasa Lampung tetap lestari di Provinsi Lampung.

"Makanya, DPC PDIP Bandar Lampung membalut kegiatan ini dengan budaya Lampung dalam rangka merayakan hari lahir pancasila," ungkapnya.

Sementara itu, Plh Ketua DPD PDIP Lampung, Bambang DH mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan lomba ini.

Bambang menyampaikan, menurut ahli bahasa, hampir tiap berapa tahun sekali bahasa daerah ini hampir punah.

"Bahasa lokal lampung kalo tidak dipelihara, bisa jadi bahasa lampung akan hilang.
Makanya, sangat disayangkan, jika orang lokal tidak menggunakan bahasa lokal," ungkapnya.

Menurutnya, kuat dan besarnya karena ditopang oleh budaya daerah.

"Bangsa ini kalo mau tumbuh besar harus memiliki budaya bangsa. Makanya saya sangat apresiasi adanya lomba ini yang mengangkat budaya lampung," pungkasnya.

Untuk diketahui, selain menggelar lomba pidato, acara dimulai terlebih dahulu dengan pelantikan struktur kepengurusan badan dan biro DPC PDIP Kota Bandar Lampung. Pelantikan resmi dilakukan langsung oleh Plh Ketua DPD PDIP Lampung, Bambang DH.

Turut hadir dalam acara, Anggota Fraksi PDIP DPRD Lampung, Apriliati, serta kader dan simpatisan PDIP Kota Bandar Lampung. (Cah).
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar