Selasa, 23 Mei 2017

Waykanan Ditunjuk Sebagai Pelaksana Pertama Penerbitan KIA

Waykanan -Berdasarkan penilaian Kinerja yang baik  serta suskesnya Way Kanan menjadi yang tertinggi dalam pembuatan Akte kelahiran usia 0-18 tahun yakni hingga 77 % (tertinggi dilampung), dijadikan salah satu alasan Kabupaten Way Kanan ditunjuk oleh kementerian Dalam Negeri sebagai pelaksana pertama program nasional  penerbitan Kartu Identitas Anak  ( KIA ) tahun 2017.di Lampung

Penetapan Kabupaten Way Kanan, sebagai  pelaksana Program Nasional di Lampung ini , tidak luput hasil kinerja kita selama 1 tahun ini yang diangap baik oleh pemerintah pusat.
Demikian dikatakan Bupati waykanan Raden Adipati pada sosialisasi penerapan Kartu Identitas Anak (KIA) di gedung serbaguna setempat, selasa (23/5).

Hadir pada acara tersebut Dra. Rstinah.M.Si Kasi pindah datang ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Dandim 0427/Wk Letkol. Inf. Uchi Cambayong beserta unsur Forkompida Plus, para Pejabat dan Para Camat Se-Kabupaten Way Kanan.

Penerapan  KIA itu menurut Bupati adalah hal yang sangat penting,  karena merupakan pemenuhan kewajiban kepemilikan identitas bagi setiap penduduk termasuk penduduk yang belum mencapai 17 tahun atau belum wajib KTP.

“ Kartu Identitas Anak merupakan bentuk pengakuan Negara bagi semua warga bangsa, karena KIA merupakan salah satu dokumen negara yang diberikan agar anak terlindungi dan diakui hak-hak mereka secara hukum, hal itu sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan,  karena selama ini yang menjadi identitas anak hanya Akta Kelahiran." Katanya

Akan tetapi akta kelahiran sulit untuk dibawa kemana-mana, sehingga anak-anak akan kesulitan untuk menunjukkan dokumen apabila sewaktu-waktu diperlukan. "Maka tujuan pemerintah memberlakukan pembuatan Kartu Identitas Anak untuk mempermudah pembuktian identitas anak." Tegas Bupati.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Way Kanan, Drs, Hi,. ALamasyah Ibrahim menerangkan bahwa penunjukan Way Kanan sebagai pelaksana Program Kartu Identitas Anak tahun 2017  berdasarkan keputusan  Menteri Dalam Negeri  RI Nomor 471.13-112 Dukcapil  tahun 2017 .

“ Penerbitan KIA ini sebagai bentuk pengakuan  Negara bagi semua warga negaranya , karena KIA merupakan salah satu dokumen Negara  yang diberikan kepada anak, untuk menjaga agar anak anak  dapat terlindungi hak hakl mereka,  sebagai anak" terang Alamsyah.

Nantinya KIA ini menurut Alamsyah akan diperuntukkan bagi anak – anak  usia 0-17 tahun kurang sehari, dan salah satu syarat pembuatan KIA, adalah adanya Akte Kelahiran, dan Way Kanan memiliki prosentasi pembuatan  Akte kelahiran tertinggi yakni hingga 77,10 %,.

"itulah mungkin penilaian pusat yang menunjuk kabupaten  Way Kanan menjadi pelaksana pertama di Lampung program Kartu Identitas Anak tahun 2017, dan ini tentunya mendukung suksesnya kinerja Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan,” tegas Drs. Hi Alamsyah Ibrahim. (Fikri).


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar