Jumat, 12 Mei 2017

Warga Sukau Desak Pemerintah Daerah Menagani Jalan Rusak

LAMBAR-Warga kecamatan sukau mendesak  Pekerjaan Umum dan perumahan rakyat , kabupaten lampung barat (Lambar), segera memberikan solusi terkait banjir yang kerap menerjang Jalan Raya sukau tempatnya jalan Hamkatir , bukan saja jalan itu tetapi dari pekon tanjungraya menuju kecamatan sukau yang kerap banjir serta jalan berlobang disaat musim penghujan genangan air yang kerap metutupi jalan apalagi jalan sepanjang dari tanjungraya menuju sukau memang banyak lobang .”kasian dengan pengendera roda dua maupun roda empat yang sering terjebak lobang ,sebab lobang-lobang tergedang air”
Untuk pemerintah daerah khususnya kabupaten lambar yang membidanginya  segera menindaklanjutinya karena itu jalan adalah kewenangan mereka,” kata salah satu warga bandarbaru NYanto ,yang selalu melintas jalan itu.hampir setiap hujan dia memperbaiki gorong-gorong yang mempet dengan alat seadanya supaya airnya lancar dan tidak mengalir diatas jalanraya .
Menurut Nyanto, karena kewenangan jalan tersebut milik propinsi, pihaknya tidak bisa berbuat banyak untuk mencarikan solusinya. ”Jalannya sudah rusak, drainase yang buruk,” ujarnya. Sehingga, lanjut dia, pihaknya hanya melakukan penanggulangan secara darurat jika ruas jalan tersebut banjir.
Warga di sekitar Jalan Raya bandarbaru, kecamatan sukau, Kabupaten lambar mengeluhkan genangan air yang di jalan raya. pengendara jalan juga mengeluhkan hal serupa, sebab tak jarang kendaraan mereka mogok apabila merobos banjir yang ketinggiannya mencapai 10-40 centimeter (cm).
Jalan sepanjang bandarbaru atau tepat di sekitar Hamkatir setelah terjadi hujan hingga berjam-jam, air hujan menggenang karena tidak ada saluran pembuangan air dan airnya mengikuti jalan sepanjang jalan karna bembuangan tertutup."Sering banjir di lokasi itu, hujan deras selama tiga jam lebih, jalan tergenang hingga 40 cm," ujar warga sekitar.
Dia menjelaskan, kondisi sudah terjadi sangat lama, dan warga sekitar sudah bosan melakukan perbaikan saluran air  supaya airnya mengalir tetapi sangkin banyakkya air kiriman dari bandarbaru semua warga kualahan akhirnya air mengikuti jalan kearah sukau ."Saluran air saja tidak berfungsi dengan baik. Saluran airnya juga tertimpun dengan tanah " katanya.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan perumahan rakyat  Ir.Ansari  Kabupaten lambar saat mau dikonfermasi tidak berada ditempat masih dinas luar (DL) ,(Irw)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar