Minggu, 28 Mei 2017

Warga Keluhkan Kerusakan Jalan Provinsi

LAMBAR-Jalan provinsi  yang kondisinya rusak parah, membuat tak kunjung diperbaiki. Kondisi ini dikeluhkan warga lantaran rawan kecelakaan dan bikin macet.masyarakat sekitar kesal. Sejak kabupaten dan sekitarnya dilanda hujan dan banjir membuat jalan di lambar banyak yang rusak, termasuk Jalan Raya kecamatan sukau kabupaten lambar. Selain struktur tanah di wilayah sukau yang labil, juga dikarenakan kerap dilalui kendaraan berat sehingga membuat kondisi jalan cepat rusak.
“Kerusakan jalan raya itu, kewenangan Dinas PU propinsi . Tetapi pihak PU lambar berupaya tidak tinggal diam. Sejumlah jalan raya yang rusak, termasuk Jalan Raya menuju kecamatan sukau.
“Lihat aja jalan dari waimengaku sampai kecamatan sukau kondisinya kayak apa. Itu jalan provinsi tapi enggak lebih bagus dari jalan kabupaten. Sudah lama dibiarkan rusak parah sepertinya dinas PU propinsi masih kongkalikong dan tidak pernah baca berita alias Tuli dan tutup telinga .
Kondisi jalan yang rusak berat dibiarkan rusak , kontras dengan upaya pemkab menata sarana infrastruktur pendukung jalan lingkar  Sejak beberapa tahun terakhir, pemkab telah membuka dan melebaskan akses jalan di sejumlah ruas.
Tujuannya untuk memudahkan akses masyarakat dari pedalaman  yang hendak menuju keluar kejalan raya. Namun, ketika pelebaran jalan sudah tembus ke jalur provinsi, jalannya justru rusak parah.
Kepala Dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat kabupaten lampung barat,iR.Ansari setelah dihubung lewat  ponselnya  membenarkan status jalan tersebut dulunya jalan kabupaten. Namun, sejak puluhan tahun lalu diambil alih pemerintah provinsi, sehingga pemeliharaan maupun perbaikan menjadi kewenangan provinsi katanya.
Padahal jalan tersebut juga merupakan jalur penghubung Kabupaten lambar  menuju kabupaten Sum-Sel (Sumatera selatan) yang dimulai dari Kabupaten lambar  
Warga setempat Winarno, mengaku sudah melaporkan kondisi jalan rusak tersebut ke pihak yang berwenang, dan menyarankan agar jalan tersebut segera diperbaiki. Apalagi ketika musim arus mudik, jalur tersebut menjadi  satu-satunya jalan propinsi yang menuju ke sumsel dari kabupaten lambar yang paling ujung .tutupnya .(Irw)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar