Rabu, 24 Mei 2017

Wakil Bupati Lambar Membuka Secara Resmi Launching “Diskon Hebat”

LAMBAR- Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Makmur Azhari membuka secara resmi launching “Diskon Hebat” (Datang, Investasi Langsung Konstruksi Dengan Hemat, Benar Dan Cepat) di tandai dengan Pemukulan Gong sebagai tanda telah di resmikannya “Diskon Hebat”
Acara yang di laksanakan di Ruang Rapat kagungan Rabu 24/05 ini di hadiri oleh Asisten Bupati Lambar, Staf Ahli Bupati,  Stakeholder, Anggota DPRD Lambar , Forkopimda Lampung Barat, Kepala Instansi Vertikal, Kepala OPD, Camat  Dan Pelaku Usaha serta Perbankan dan BUMD Lambar.
Wakil Bupati menyambut baik sekaligus gembira atas  terselenggaranya acara ini, karena layanan perizinan merupakan salah satu agenda penting Di Era Pemerintahan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo - Yusuf Kalla Yang Tertuang Dalam 9 (Sembilan) Program Nawacita Antara Lain Membangun Tatakelola Pemerintahan Yang Bersih, Efektif, Demokratis Dan Terpercaya Guna Mewujudkan Pelayanan Publik Yang Efisien Responsif Dan Non Partisan.
Kemudian birokrasi perizinan merupakan salah satu wujud pelayanan publik yang menjadi perhatian dalam tata kelola pemerintahan, birokrasi perizinan di indonesia dan di daerah pada umumnya masih merupakan hambatan bagi perkembangan dunia usaha. Masyarakat dan kalangan dunia usaha masih beranggapan bahwa proses perizinan berbelit-belit, prosedur yang tidak jelas, tidak jelasnya tenggang waktu penyelesaian izin yang diberikan, tidak transparan dan  biaya tinggi.
“Oleh karena itu, efisiensi birokrasi akan mampu meningkatkan kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan pemerintah. layanan perizinan yang menjadi kewenangan bupati saat ini sudah harus dilimpahkan ke OPD yang menangani perizinan dengan mekanisme Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yaitu mekanisme yang menerima permohonan izin, memproses dan menerbitkannya di satu tempat saja sehingga pemohon tidak perlu lagi datang ke beberapa OPD, cukup datang ke Dinas Penanaman Modal, PTSP Dan Tenaga Kerja”, Jelasnya.
Terus pelayanan terpadu satu pintu diharapkan dapat menjadi lembaga pelayanan perizinan dan nonperizinan yang dapat menunjang laju pertumbuhan ekonomi daerah, diharapkan mampu mengurangi beban administrasi pemerintah daerah karena adanya pelayanan yang lebih efektif dan efisien yang secara langsung memberikan kemudahan pelayanan perizinan/nonperizinan dan penanaman modal sehingga mampu membangun iklim investasi yang kondusif yang pada akhirnya akan berdampak positif pada peningkatan ekonomi, dan oleh karena itu peningkatan kualitas kinerja penyelenggaraan PTSP harus senantiasa dilakukan secara terencana, terus menerus sehingga meningkatkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah daerah.
Meski pemerintah telah berupaya mendorong perbaikan pelayanan perizinan, melalui penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), namun hingga sekarang proses pelayanan perizinan di daerah masih terdapat berbagai kendala.

Sementara itu untuk menjawab permasalahan hambatan investasi pemerintah kabupaten lampung barat perlu berbenah diri dan melakukan terobosan memangkas semua kebijakan yang dapat menghambat investasi dengan menyusun strategi kebijakan yang inovatif untuk meningkatkan daya saing daerah antara lain dengan meningkatkan ketersediaan infrastruktur (transportasi, listrik, telekomunikasi, air bersih dll) dan menciptakan iklim usaha yang kondusif dengan penyusunan regulasi perizinan yang simple dan efektif. 
“Pelayanan perizinan yang masih tersebar dibeberapa perangkat daerah harus segera didelegasikan kewenangannya kepada dinas penanaman modal, ptsp dan tenaga kerja serta kecamatan melalui Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) tentunya dengan beberapa kriteria tertentu. hal ini dilakukan semata-mata untuk menjangkau dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Selama ini investor yang akan berinvestasi di kabupaten lampung barat melakukan pengurusan perizinan investasi hingga tahap konstruksi membutuhkan waktu yang cukup lama, untuk mengurus berbagai tahapan perizinan mulai dari pengurusan izin prinsip, penyiapan dokumen lingkungan, pengurusan izin lokasi, izin mendirikan bangunan, izin gangguan, hingga pengurusan tdp dan siup dan sebagainya”, Paparnya.
Untuk itu harus dilakukan pemangkasan proses perizinan dengan penyederhanaan prosedur dengan tetap mengacu kepada ketentuan berlaku. kita dituntut untuk melakukan inovasi layanan dengan berupaya menjadikan layanan perizinan dirasakan mudah, murah dan cepat oleh pemohon.
Semenatra itu dalam laporannya Tri Umaryani, SP. M.Si.menyampaikan Latar Belakang Dari kegiatan ini adalah untuk memajukan  Perekonomian suatu daerah tidak terlepas dari peranan investasi.  Investasi diyakini sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan pembangunan ekonomi. Investasi memiliki konstribusi sebagai pengungkit perekonomian daerah.  Kegiatan investasi membutuhkan iklim usaha yang kondusif kemudahan serta kejelasan prosedur.  Birokrasi perizinan sangat erat kaitannya dengan investasi.  Nilai dan jumlah investasi diyakini akan meningkat jika proses perizinan bisa lebih cepat, murah dan mudah.  Program diskon hebat dilaksanakan untuk meningkatkan efisiensi birokrasi dengan melakukan inovasi pada mekanisme dan tata kerja yang diharapkan akan memangkas waktu proses perizinan investasi.  Program ini digagas untuk memberikan kemudahan bagi investor yang akan berinvestasi di Lampung Barat.
Kemudian Pelaksanaan Program DISKON HEBAT yang merupakan tagline dari datang investasi langsung konstruksi meliputi 5 paket layanan perizinan yang teridiri dari Pendampingan pengurusan izin investasi Perizinan On Weekend (Perizinan buka di hari sabtu dan minggu setiap awal bulan), Perizinan satu jam selesai untuk jenis izin SIUP, SIUJK, TDP dan kartu kuning, Perizinan Paket, Perizinan Online. Dengan kebijakan ini diharapkan slogan “Investor Datang, Investor Senang, Investor Berkembang” dapat terwujud.
Selanjutnya Tujuan dilaksanakannya proyek perubahan ini adalah untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum, mewujudkan proses pelayanan perizinan investasi yang cepat, tepat, mudah, murah, transparan, pasti dan terjangkau bagi investor untuk mewujudkan iklim investasi, berkualitas, berdaya saing, berkelanjutan.

Kemudian Manfaat yang diharapkan dengan program ini adalah Manfaat Bagi Unit Kerja, Menciptakan kelembagaan yang efektif dan efisien guna mewujudkan iklim investasi yang berdaya saing, berkualitas dan berkelanjutan.
Manfaat Bagi Pemerintah Kabupaten Lampung BaratMemberikan citra positif dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pelayanan publik serta meningkatkan daya tarik investasi sekaligus mendorong realisasi investasi pada sektor sektor unggulan. “Manfaat Bagi Investor adalah untuk Mendapatkan pelayanan perizinan investasi yang HEBAT (hemat, benar dan cepat) dan memberikan kemudahan bagi investor untuk berinvestasi di Kabupaten Lampung Barat”, Terangnya.
Terus Jangka Waktu   Pelaksanaan Program DISKON HEBAT dilaksanakan dengan 3 (tiga) tahap, yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang yang dilaksanakan dengan  jangka pendek dilaksanakan sampai dengan tahapan uji coba, jangka menengah merupakan pelaksanaannya dan jangka panjang meliputi penyempurnaan program yang terus berkelanjutan (Irw)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar