Minggu, 28 Mei 2017

SUPM Tanggamus Luluskan 113 Taruna

Tanggamus- Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Tanggamus pada tahun 2017 ini kembali meluluskan 113 taruna/i terbaiknya. Hal itu diketahui dari kegiatan wisuda yang dilaksanakan oleh sekolah yang dibawah naungan Kementerian Perikanan dan kelautan RI di lapangan sekolah setempat. Rabu (24/5).

Kepala SUPM Negeri Tanggamus Mielyon Erison Datty dalam sambutanya mengatakan, dari jumlah lulusan tahun ini. Enam diantaranya akan melanjutkan ke Sekolah Tinggi Perikanan (STP) dari jalur prestasi. Sementara 107 wisudawan lainnya dilanjutkan kedunia kerja yang telah disiapkan.

"Enam dari 113 wisudawan tahun ini adalah taruna/i yang memang berprestasi, jadi kita teruskan kejenjang yang lebih tinggi lagi. Agar lebih siap dalam memasuki dunia kerja nantinya." kata Mielyon.

Selanjutnya Mielyon menjelaskan, SUPM Negeri Kota Agung sendiri dari 2006 sudah meluluskan 12 angkatan, dengan total wisudawan 1026 orang. Dan muridnya sendiri dari berbagai provinsi, jika dipersentasikan, 80 persen siswa berasal dari Provinsi Lampung, sementara 20 persen dari luar Lampung. Seperti provinsi Bengkulu, Bangka Belitung, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Selatan. Sementara itu, selama ini pihak sekolah selalu mengupayakan 100 persen dan minimal 75 persen yang mampu menembus didunia industri usaha.

"Diharapkan, kepada taruna dan taruni wisudawan SUPM mampu membanggakan Orang tua dan sekolah. Kepada orang tua juga tentunya sangat diperlukan untuk mendukung karir anak nya untuk mandiri bekerja dimana saja. Ini juga menjadi tantangan dan jWaban kita akan kuatnya industri saat ini," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung Drs. Sulpakar mengatakan, pihaknya menghargai kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang telah membangun serta mengembangkan SUPM Negeri di Kota Agung sebagai salah satu mata rantai pembangunan SDM dibidang kelautan. Karena, Tanggamus sendiri memiliki potensi yang sangat besar dibidang kelautan dan perikanan yang dimanfaatkan untuk kegiatan penangkapan, budidaya dan pengolah hasil serta perdagangan komoditi dan disertai berbagai jenis bisnis pendukung.

"Data fisik menunjukan bahwa, kondisi perairan laut saat ini di Kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama ini sangat potensial. Dimana memiliki teluk Semaka sebagai salah satu teluk terbesar di Provinsi Lampung. Akan tetapi, pemanfaatannya belum dilakukan secara optimal. Untuk itu, agar semakin optimal, diperlukan tenaga ahli , baik ditingkat pendidikan menengah maupun ditingkat pendidikan tinggi," terangnya. 

 Lebih lanjut ia menjelaskan, adapun pembangunan usaha yang perlu dikembangkan adalah, para nelayan dalam pembudidaya ikan, dan pengolahan hasil yang tergabung dalam kelompok dan koperasi. Kedua dari sektor swasta dan BUMN yang mempunyai skala usah lebih besar lagi.

"Dalam mencakup ketiga pembangunan itulah, para wisudawan agar senantiasa dapat berkarya disamping pekerjaan lainnya. Berkenaan dengan pemanfaatan potensi yang dimiliki Kabupaten Tanggamus, maka arah dan tujuan pembangunan kelautan dan perikanan adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat perikanan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah (PDRB, Devisa, PAD) secara sustainable. Dan membaikan kesehatan, kecerdasan dan kekuatan penduduk melalui peningkatan konsumsi ikan," pungkasnya. (Ham). 


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar