Senin, 29 Mei 2017

Stok Ikan Dari Sumberjaya Kosong

LAMBAR- Masuk ramadhan penjualan ikan dari para pembudiaya ikan kolam air tawar, diwilayah Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang menjadi wilayah ke dua penyuplai ikan terbesar dilambar mengalami kekosongan.
Atas kondisi  tersebut diperkirakan akan berdanpak pada  meningkatnya harga jual ikan apalagi saat mulai ramadhan jadi seperti bisanya permintaan meningkat bahkan bukan ikan saja melainkan kebutuhan rumah tangga yang lainnya.
Kosim salah satu pembudidaya ikan kepada  Koran ini  mengatakan, untuk mencukupi permintaan ikan dari wilayah itu aja saat ini diperkirakan pihaknya tidak terpenuhi, karena saat ini para pembudidaya yang kolam ikannya belum dikeringkan (panen), belum melaksanakan karena memang usia yang belum waktunya. Sementara  sebagian lagi yang memang menjadi penyuplai rutin telah melakukan pemanenan sebelum puasa.
"Untuk kolam yang belum melakukan pembongkaran,  paling-paling baru akan dilaksanakan menjelang idul fitri nanti, karena seperti lahan kolam saya sendiri sudah dibongkar satu pekan lalu, sesuai dengan jadwal pemanenan," terangnya.
Sementara terkait harga jual, meskiupun sekarang swasana ramadhan, penjualan dari pembudidaya kepada pengepul masih normal yakni Rp19 per-kilogram, dan dari pengecer ke pembeli antara Rp25-30 ribu/kg, tergantung jarak penjualan.
Kosim, berharap masyarakat yang menekuni budidaya ikan dilambar terus meningkat, karena jika dilihat dari potensi wilayah, lambar sangat cocok menjadi kabupaten penghasil ikan, dengan banyaknya bakal kolam ikan yang dapat dikembangkan. Karena sekarang ini saja setiap bulannya kebutuhan ikan selalu kekurangan apalagi jika masuk pembeli dari luar kabupaten.
"Kita berharap dimasa yang akan datang pengelolaan bakal lahan budidaya ikan air tawar dilambar ini semakin berkembang karena usaha ini sangat menguntungkan dan minim sekali resiko, serta meanfaatnya semua kalangan pasti suka ikan," tutupnya.(Irw)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar