Rabu, 03 Mei 2017

Serah Terima Jabatan Camat Air Hitam Tahun 2017

LAMBAR- Serah Terima Jabatan Camat Air Hitam Tahun 2017  yang di hadiri oleh Asisten  I  Bidang Pemerintahan Drs. Adi Utama., di Aula Kecamatan Air Hitam Rabu, (03/05)
Selain Asisten turut hadir  Anggota DPRD Kabupaten  Lambar, Forkompinda, Camat Dan Uspika Air Hitam; Tim Penggerak Pkk Kecamatan Air Hitam Beserta Jajaran Dan Para Kader PKK Pekon, Lurah, Peratin, LHP, Kepala Lingkungan Dan Pemangku Di Wilayah Kecamatan Air Hitam, Serta Para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Pemuka Masyarakat.
Asisten  I  Bidang Pemerintahan Drs. Adi Utama menyampaikan sungguh suatu kebahagian yang tak terkira, kami dapat hadir di tengah-tengah masyarakat kecamatan air hitam ini dalam rangka menyaksikan serah terima jabatan camat air hitam yang telah dilantik pada beberapa waktu yang lalu.
“Atas nama pribadi dan pemerintah, kami ucapkan   selamat  atas pelantikan saudara Drs. Hepni sebagai Camat Air Hitam, pengangkatan saudara sebagai camat ini merupakan amanah dan kehormatan dari pemerintah yang harus dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab, sebagaimana sumpah jabatan yang telah saudara ucapkan.  karena sebagai seorang asn, saudara harus siap ditempatkan dalam medan tugas dimanapun juga”, Ucapnya.
Kemudian amanah yang diberikan kepada saudara akan dapat terlaksana dengan baik apabila saudara memiliki kompetensi dan integritas diri yang baik.  Jabatan yang saudara emban ini merupakan kepercayaan pimpinan terhadap seorang asn, dengan berbagai pertimbangan yang matang dan sesuai dengan aturan yang berlaku.s“Alih tugas atau mutasi jabatan saudara sebagai camat merupakan proses alami sebagai bentuk pembinaan karier kepegawaian.  Mutasi lumrah terjadi baik di organisasi pemerintah maupun swasta, dengan begitu pegawai akan merasakan tantangan dan beban tugas yang berbeda serta memperkaya pengalaman tugas dilingkungan kerja yang variatif dalam hal ini sebagai camat”, Ungkapnya.
Selanjutnya kecamatan air hitam merupakan salah satu kecamatan di lampung barat yang mempunyai berbagai sumber daya alam dan potensi mulai dari pertanian, perikanan, perkebunan, perdagangan dan jasa, yang menjadikan kecamatan air hitam sebagai salah satu pusat pertumbuhan di lampung barat. “ Kita tidak boleh terlena, melainkan harus terus bekerja keras untuk mempersembahkan prestasi terbaik demi kemajuan masyarakat air hitam khususnya dan kabupaten tercinta ini pada umumnya”, Ucapnya.
Untuk itu, peran camat sangat sentral dalam mendorong kemajuan suatu daerah. hal tersebut dapat dilakukan apabila seorang camat memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai koordinator pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. disamping itu, camat harus mampu memberdayakan masyarakat dalam setiap program pembangunan. karena tanpa partisipasi aktif masyarakat pembangunan yang kita laksanakan akan sia-sia.”Sebagai seorang pimpinan wilayah (camat), saudara tidak hanya dituntut untuk menyelesaikan hal-hal administrasi saja, tapi camat juga harus mampu menyerap berbagai aspirasi masyarakat serta mampu memberikan solusi dari berbagai permasalahan di masyarakat. dengan demikian saudara harus peka terhadap permasalahan yang timbul dimasyarakat. hal ini bisa dilakukan bila seorang camat rajin turun ke bawah, membaur dengan berbagai lapisan masyarakat, sehingga seorang camat mampu menguasai kondisi wilayahnya.  dengan cara itu, insya allah berbagai tugas saudara akan lebih mudah dilaksanakan”, Jelasnya.

Camat harus melakukan koordinasi dan pengawasan kepada peratin di pekon-pekon yang menjadi wilayah saudara terkait dalam pelaksanaan  anggaran dana pekon (ADP), karena hal ini menjadi titik fokus pemerintah pusat dalam prioritas pembangunan di pekon-pekon. Kemudian apabila terdapat permasalahan yang ada di wilayah saudara, apalagi terkait satu dengan yang lain, maka hendaknya dapat diatasi terlebih dahulu dan diselesaikan melalui koordinasi yang baik dan segera lakukan evaluasi pada tingkat bawah bersama staf.“Terkait dengan program-program pemerintah baik pusat maupun daerah seperti halnya pendistribusian beras untuk masyarakat pra sejahtera harus diawasi sampai pada titik rumah tangga sasaran, sehingga program rastra ini benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat, terutama masyarakat pra sejahtera yang ada di pekon-pekon dalam wilayah saudara”, Ujarnya. Dengan harapan kepada saudara camat agar mampu menciptakan kondisi yang kondusif di lampung barat ini, terutama di kecamatan air hitam ini yang dimulai dengan menciptakan suasana kerja yang kondusif, dengan mengembangkan sikap dan budaya kerja yang saling asih, saling asah dan saling asuh dengan lingkungan internal dan lingkungan eksternal unit kerjanya (Irw)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar