Minggu, 21 Mei 2017

Separo Lebih Warga Belum Tahu ada Pilgub

Pengetahuan masyarakat Lampung mengenai pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada 27 Juni 2018 masih terbilang rendah. Hasil survei Rakata Institut, sebanyak 65,80% responden mengaku tak tahu waktu penyelenggaraan Pilgub Lampung tahun depan tersebut.
“Sebanyak 34,20% responden menyatakan tahu, dan 65,80% tidak tahu bahwa Pilgub Lampung pada Juni 2018,” terang Harmoko , Manajer Riset Rakata Institute.
Ditambahkan, jika melihat hasil survei tersebut, maka hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi KPU Lampung, pemerintah setempat, dan bakal calon gubernur. Karena itu, perlu sosialisasi secara masif, terstruktur, dan sistematis agar tingkat partisipasi pemilih bisa optimal.  “Prosesnya kan masih satu tahun. Maka masih sangat sempat jika mau sosialisasi. Termasuk peran dari para kandidat calon gubernur juga dibutuhkan,” ujarnya.
Rakata melaksanakan survei di 15 kabupaten/kota di Lampung pada 10-14 Mei lalu. Survei yang melibatkan 1.000 responden itu menggunakan metode stratified random sampling (pengelompokan sampel). Adapun tingkat kepercayaan survei sekitar 95%. Sedangkan margin of error atau tingkat toleransi kesalahan sekitar 3%.(dbs)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar