Selasa, 09 Mei 2017

PKBI Cabang Lambar Melakukan Kegiatan Muhibbah

LAMBAR-Pengurus Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat melakukan kegiatan Muhibbah dan Studi Pembelajaran pada PKBI Daerah Jawa Timur (4 – 7/5). Rombongan yang berjumlah dua belas orang pengurus tersebut dipimpin oleh Ketua PKBI Cabang Lampung Barat Hj. Yulia Makmur Azhari, kata Sekretaris Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Cabang Lampung Barat Drs. Sandarsyah, mendampingi Ketua PKBI Cabang Lampung Barat Hj. Yulia Makmur Azhari.
Lebih lanjut menurut Sandarsyah, kata Muhibbah mengandung makna perkawanan, persahabatan atau persaudaraan yang didalamnya mengandung aspek saling mengerti, memahami, mengisi, bahkan saling memberi satu sama lainnya. Dan PKBI dimanapun, tentu akan memiliki nilai dan semangat yang sama, yaitu semangat kekeluargaan dan persaudaraan, karena ia dilahirkan pada rahim yang sama yaitu Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia yang didirikan pada enam puluh tahun lalu yaitu tepatnya pada 23 Desember 2017.
Disamping kunjungan ini untuk menjalin persaudaraan dan silaturahmi, kegiatan ini juga bertujuan sebagai studi pembelajaran dan berbagi pengalaman program dan kegiatan PKBI Daerah Jawa Timur dan PKBI Cabang Lampung Barat. Oleh karena itu sangatlah tepat jika tema Muhibbah kali ini yaitu “BELAJAR PROGRAM, MENJALIN KEKELUARGAAN”
Ada beberapa program yang PKBI Cabang Lampung Barat dapat pelajari dari PKBI Jawa Timur yaitu pengelolaan Klinik Kesehatan Reproduksi, Program Kesehatan Reproduksi Remaja “Sebaya”, program kerjasama PKBI Jatim dengan Global Fund berkenaan dengan penanggulangan HIV –AIDS, dan program ANAK (Aku dan Kamu).
Program Remaja “Sebaya” berupa kegiatan IEC, Youth Entepreneur, Dance 4 Life, Pendampingan dan Riset. Yang kesemua ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan tentang Kesehatan Reproduksi, menurunnya Kehamilan yang Tidak Diinginkan (KTD), menurunnya Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI), dan menurunnya Angka Perkawinan Anak.
Sedangkan Program ANAK (Aku dan Kamu) dengan melakukan berbagai kegiatan seperti  Pendidikan Kecakapan Hidup Anak, yang diharapkan dapat menurunnya kekerasan seksual terhadap anak dan anak dapat memahami ‘tubuh’nya.
Seperti kita ketahui Visi PKBI adalah Menjadikan Pusat Unggulan Seksual and Reproductive Health Right (SRHR) Yang Mandiri Tahun 2020. Dengan Misi, Mengembangkan Pusat Informasi, Edukasi, dan Pelayanan Kesehatan Reproduksi. Lalu mengembangkan Pemberdayaan Masyarakat, dan melakukan Advokasi masalah Kesehatan Reproduksi.
Ada lima Strategi untuk melaksanakan Misi tersebut yaitu Mengembangkan model-model dan standar pelayanan SRHR, Pemberdayaan masyarakat untuk memperjuangkan SRHR, dan Mengembangkan upaya integrasi pencegahan dan penanggulangan Infeksi Menular Seksual (IMS) dan HIV – AIDS. Lalu, Melakukan advokasi di semua tingkatan organisasi untuk menjamin pemenuhan SRHR dan Meningkatkan kapasitas kelembagaan dan sumberdaya organisasi, pungkas Sandarsyah. (Irw)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar