Sabtu, 06 Mei 2017

Pembukaan Bimbingan Teknis Pengadaan Barang Secara Elektronik (E-Katalog)

LAMBAR-PengadaanLangsung Dan Penunjukan Langsung Kabupaten Lampung Barat Tahun 2017, yang dibuka secara langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian Ir. Noviardi Kuswan, di Aula Pakuwon Bappeda Kabupaten Lambar Kamis, 04/05.
Membuka secara resmi acara tersebut Asisten II Bidang Perekonomian Ir. Noviardi Kuswan menyampaikan berkenaan dengan penyelenggaraan bimbingan teknis yang akan dilaksanakan hari ini,  bahwa dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah  telah mengeluarkan berbagai  aturan  yang harus  diikuti  sebagaimana diatur dalam Perpres Nomor 54 Tahun 2010 Beserta  Petunjuk Teknis Terakhir Perpres Nomor 4 tahun 2015 sebagai penyempurnaan tehadap aturan-aturan sebelumnya.
Dengan telah ditetapkannya regulasi  tersebut menunjukkan keseriusan pemerintah untuk mewujudkan pelaksanaan pengadaan barang/jasa  secara transparan, akuntabel dan profesional sehingga diharapkan penggunaan keuangan negara berjalan lebih efisien, efektif dan tepat guna. Bimbingan teknis pengadaan barang dan jasa telah beberapa kali dilaksanakan di Kabupaten Lambar namun masih perlu terus dilakukan mengingat sangat banyak dan kompleksnya permasalahan yang berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa.
Kemudian pengadaan barang/jasa pemerintah yang efisien dan efektif merupakan salah satu bagian penting dalam perbaikan pengelolaan keuangan negara yang diimplementasikan dengan pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik (e-procurement). Dengan pengadaan barang/jasa secara elektronik tersebut, maka akan lebih meningkatkan dan menjamin terjadinya efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitasi dalam pembelanjaan uang negara.
 
Salah satu sistem sesuai pasal 106 ayat (2) perpres no. 54 tahun 2010 yaitu pengadaan barang secara elektronik. pengadaan barang secara elektronik adalah tata cara pembelian barang/jasa melalui sistem katalog elektronik. dimana katalog elektronik merupakan sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknik dan harga barang/jasa tertentu dari berbagai penyedia barang/jasa pemerintah. Dengan menggunakan e-purchasing maka pengadaan barang/jasa dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan murah.
Semenatara itu dalam laporanya Kepala Bagian Pengadaan Barang Dan Jasa Setdakab Lambar Ir. Sugeng Raharjo menyampaikan kegiatan tersebut di laksanakan berdasarkan peraturan Presiden RI No 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang jasa pemerinyah sebagaimana telah berubah terakhir dengan peraturan presiden No 4 tahun 2015 . Perda LKPP No.14 tahun 2015 tentang E Purchasing peraturan daerah kabupaten Lambar No 8 Tahun 2016 tentang pembentukan dan sususnan perangkat daerah perda kabupaten Lambar No 9 tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2017.
Selanjutnya kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi bagi pejabat pengadaan dan pejabat yang di tunjuk dalam melaksanakan pengadaan secara E Purching (E- Katalog) dan pengadaan langsung serta peninjukan langsung yang akan di lakukan di masing-masing OPD, di samping itu juga bahwa lelang secara elektronik ( E Procurement ) merupakan salah satu  bagian dari proses menuju E Goverment atau penyelenggaraan pemerintah yang berbasis elektronik sehingga dalam pelaksanaan pengadaan tersebut dapat berjalan dengan transparan, akuntabel, efektif dan efisien sesuai dengan amanat perpres 54 tahun 2010 beserta perubahannya terakhir perpres 4 Tahun 2015.
“ kegaiatan ini dilaksanakan selama 2 hari di mulai dari tanggal 4-5 Mei 2017 dengan jumlah peserta sebanyak 80 orang yang berasal dari seluruh OPD dan BUMD seta narasumber DR. H. Fahrurrazi MSi selaku insfektur pengadaan barang jasa LKPP “ Tutupnya. (Irw)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar