Selasa, 30 Mei 2017

Lebaran, Tanggamus Gelar Festival Durian

Tanggamus- Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus akan menggelar festival bertajuk buah durian pasca Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Tanggamus Hj. Retno Noviana Damayanti mengatakan, gagasan tersebut muncul dikarenakan saat ini, Kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama ini tengah diguyur oleh musim buah yang memiliki nama latin Durio Zibethinus ini. Dan nantinya, festival buah durian akan dipusatkan di taman wisata air terjun waylalaan yang ada di Pekon Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung Timur.

"Sekarangkan lagi musim durian, jadi gak ada salahnya kita adakan festival durian. Jadi bisa menjadi salah satu pesta rakyat yang sederhana. Karena konsepnya hanya buah durian saja," kata Retno, Senin (30/5).

Retno menjelaskan, festival buah durian ini merupakan ajang memperlombakan durian yang dimiliki oleh masyarakat Tanggamus. Dengan persyaratan yang sangat simple/mudah, yakni buah durian harus asli Tanggamus. Bukan beli dari luar kabupaten ini, dan harus disertakan nama dari buah durian tersebut. Untuk ukuran, tidak dijadikan sebuah patokan, karena nantinya yang dinilai adalah rasanya.

"Kalau nanti ada yang bawa durian dari luar Tanggamus, seperti dia beli dari medan atau lainnya. Maka akan didiskualifikasi. Jadi syaratnya sangat sederhana, seperti yang sudah saya jelaskan tadi. Dan festival ini bisa diikuti oleh semua masyarakat, jadi tidak ada spesifikasi khusus untuk peserta ikut dalam kemeriahan festival ini," terangnya.

Mantan Kepala Ekobang Tanggamus ini juga mengatakan, bukan hanya terpaku pada buah durian saja. Masyarakat yang memiliki keahlian membuat olahan produk makanan dengan bahan dasar durian, bisa juga ikut serta. Jadi tidak hanya terpaku pada buah fisik durian saja. Durian atau olahan durian yang berhasil menang, akan mendapatkan hadiah menarik. Dan dalam hal ini bisa berkoordinasi dengan Dinas Ekonomi Kreatif.

"Nah nanti buah duriannya bisa kita makan bersama. Ini juga merupakan suatu cara mempromosikan kekayaan hasil alam yang ada di Kabupaten ini. Sehingga nantinya bisa menarik minat wisatawan luar untuk turut andil dalam festival buah durian. Saat ini, kegiatan tersebut masih dalam pembahasan, untuk menentukan jadwal penyelenggaraan dan lainnya," pungkasnya. (Ham). 


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar