Kamis, 18 Mei 2017

Peringatan Gerakan Nasional Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat


LAMBAR-Peringatan Gerakan Nasional Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (GN-BBGRM) Ke XIV Dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-45 Tingkat Kabupaten Lampung Barat Tahun 2017 yang dilaksanakan di Pekon Suka Pura Kecamatan Sumberjaya Kamis (18/5).
Wakil Bupati Lambar Drs. Makmur Azhari menyampaikan  tingginya tingkat perkembangan masyarakat maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap berbagai aspek kehidupan seperti bidang politik, ekonomi, sosial/budaya, kesehatan dan keamanan. Berbagai upaya telah dilakukan secara terus menerus oleh pemerintah bersama – sama dengan  masyarakat untuk menyongsong kemajuan tersebut dari segala aspek.
Kemudian melalui gerakan nasional bulan bhakti gotong royong masyarakat  ke-XIV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 mari  “kita tingkatkan peran aparatur pekon dalam pembangunan pekon menuju lampung barat hebat dan sejahtera". Peringatan ini merupakan satu momentum penting untuk menggugah kita akan kebesaran yang maha kuasa yang telah menciptakan alam dengan penuh keindahan dan kekayaan yang terkandung di dalam nya.“Dengan peringatan ini pula diharapkan dapat meningkatkan kepedulian, peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan menuju pada penguatan integrasi sosial melalui kegiatan – kegiatan gotong royong”, Ungkapnya
Selanjutnya kita ketahui, bahwa sejarah perjuangan bangsa indonesia telah menempatkan semangat kebersamaan dan kegotong royongan sebagai salah satu titik sentral dalam mendukung keberhasilan kemerdekaan. dalam situasi pada fase mempertahankan kemerdekaan,  fase pembangunan disegala bidang dalam rangka mengisi kemerdekaan, maka semangat kebersamaan, kegotong royongan tetap menjadi salah satu kekuatan bangsa kita dalam mengisi kemerdekaan. 

  Dengan jiwa dan semangat gotong royong yang telah turun temurun mengakar dalam kehidupan masyarakat,  senantiasa menjadikan masyarakat lokal hidup rukun dan damai, penuh kekeluargaan, keakraban, serta bahu membahu membangun kehidupan bersama dalam keanekaragaman. 
”Untuk mendukung reformasi dan otonomi daerah dengan mengedepankan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, diperlukan semangat kebersamaan yang kuat untuk maju yang didukung dengan kesungguhan, ketekunan, keuletan dan kesabaran dari seluruh pelaku pembangunan”, Jelasnya.
Lebih lanjut di katakanya, pembangunan  masyarakat pekon sebagai basis pembangunan daerah dan pembangunan nasional perlu mendapat  perhatian serius dari pemerintah dan pemerintah daerah sehingga kesenjangan kehidupan antara masyarakat pekon dan masyarakat perkotaan tidak melebar yang dapat berimplikasi pada  timbulnya kecemburuan sosial yang mengarahkan kepada dis-integrasi sosial  bahkan dis-intergrasi bangsa. Kearifan nilai-nilai budaya lokal dalam aspek kegotongroyongan dan keswadayaan perlu didayagunakan, dilestarikan dan dikembangkan agar menjadi potensi efektif dalam pelaksanaan pembangunan masyarakat.
Melalui peringatan gerakan nasional bulan bhakti gotong royong masyarakat, maka sasaran yang ingin dicapai  tidak lain adalah meningkatnya persatuan  dan kesatuan dalam masyarakat, Meningkatnya peran aktif masyarakat dalam pembangunan, Meningkatnya kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan, Meningkatnya rasa memiliki dan rasa tanggungjawab masyarakat terhadap hasil – hasil pembangunan. Serta dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK   ke-45 diharapkan   agar  segenap kaum ibu, para kader PKK untuk semakin memadukan gerak langkahnya dengan pemerintah serta para pemangku PKK untuk bersinergi bersama jajaran perangkat daerah kab Lambar dalam mengantisipasi masalah sosial serta meningkatkan perekonomian keluarga. Selaku mitra kerja pemerintah, diharapkan peran pkk dengan dukungan optimal dari pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah bisa berperan penting mendukung peningkatan ekonomi keluarga, pendidikan anak, serta gizi bagi anak.
Sementara itu dalam sambutanya ibu Wakil Bupati Lambar Yulia Makmur Azhari  menyampaikan kegiatan ini kita tingkatkan peran aparatur pekon dalam pembangunan pekon menuju Lambar hebat dan sejahtera .”Dengan mengadakan kegiatan lomba kader PKK pekon lomba kader posyandu dan lomba dai Cilik antara kecamatan kabupaten Lambar dan memberikan penghargaan ”Adshi Bakti Pratama PKK Kader PKK yang telah mengabdi selama 10 tahun di adakanya pameran hasil prosduk LP2K PKK Pekon ”, Ungkapnya
Diharapkan Setelah terselenggarakannya kegiatan ini akan dapat memberikan nilai positif bagi seluruh kader PKK baik yang ada di kabupaten kecamatan pekon dan masyarakat.”PKK merupakan gerakan nasional telah menunjukkan eksistensi untuk terus berbakti dan mendarmabaktikan kemampuanya untuk membangun, oleh karena itu diharapkan kepada seluruh jajaran pengerak PKK perlu memahami peran dan fungsi berbagai dunia intansi atau lembaga pemerintah yang mempunyai tugas pokok dan fungsi dalam pemberdayaan masyarakat agar dapat berkoordinasi memajukan gerak langkah program pemberdayaan yang di lakukan”, Tutupnya.
Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Lambar Drs. Makmur Azhari, Ibu Wakil Bupati Yulia Makmur Azhari, Polres Lambar Dandim 0422 Lambar, Asisten Bupati , Kepala OPD Lambar  , serta Tim PKK dan masyarakat (Irw)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar