Selasa, 30 Mei 2017

Harus Jadi Tauladan

Mantan Kapolda Lampung yang kini menjadi Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Politik, Irjend Pol Ike Edwin mengatakan dai dan ulama sangat penting peranannya dalam menjaga keamanan. Tokoh Lampung ini menilai peran dai dan ulama adalah sebagai penyejuk hati masyarakat. Apalagi ditengah mencuatnya aksi-aksi intoleransi yang memecah belah bangsa.

Demikian disampaikan Ike Edwin saat mewakili Kapolri Jenderal Tito Karnavian di hadapan peserta pelatihan dai di kantor PBNU Jakarta, Selasa (30/5). Dalam acara itu hadir juga Sekretaris Jendral Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LDNU), KH Imam Bukhori.

“Ulama adalah panutan kita semua, yang kita contoh dari berbagai aspek, apalagi Saya sekarang berdiri di Kantor PBNU, sebagaimana kita ketahui Nadlotul Ulama adalah Organisasi Islam terbesar yang menjadi corong dan panduan umat dan masyakarat dalam berbagai Fakta dan Dakwahnya kepada Warga Negara Indonesia di segala penjuru Nusantara kita,” ujar Dang Ike.

Ulama, lanjut Dang Ike sebagai penyambung lidah firmah Allah SWT dan sabda Nabi Muhammad SAW, sebagai mana disebutkan Al-Ulamau warosatul An’biya. Ulama adalah pewaris para Nabi.

“Tengah-tengah krisisnya suri tauladan di Indonesia, maka peran ulama sangatlah penting dan dibutuhkan masyarakat, sebagai umat Islam suri tauladan kita adalah Rasulullah SAW, dengan 4 sifat mulia yang patut kita contoh dan sering disampaiakn oleh Da’i- dai kita, yang pertama adalah Sidiq, Amanah, Fatonah dan Tabligh,” tandasnya

Dang ike juga berpesan buat apa berebut menjadi gubernur, walikota, bupati dan lainnya jika tidak mampu menjadi contoh atau suritauladan yang dipimpimnya.  “Apa hebatnya gubernur dan pejabat lainnya jika hanya ingin disegani.”

Dang Ike menyarankan urungkan niat saja, sebab apa yang kita pimpin akan menjadi pertanggung jawaban di hadapan Allah SWT, termasuk Da’i apa yang akan disampaikan akan dihisab pertanggung jawaban sebagai Da’i. (nas)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar