Selasa, 30 Mei 2017

Gunadi Tempel Bachtiar

///Demokrat Sambut PDIP///
BANDARLAMPUNG – Politik bener-benar dinamis. Partai Gerindra yang sebelumnya mengisyaratkan mendukung petahana M. Ridho Ficardo, beberapa hari terakhir beredar kabar akan mengusung kadernya, Gunadi Ibrahim. Ketua DPD Gerindra Lampung itu diplot sebagai calon wakil gubernur (cawagub) mendampingi Ketua DPW PAN Lampung Bachtiar Basri. Padahal hingga kemarin Bachtiar tegas tetap mendukung petahana Ridho Ficardo.
Sumber Editor di DPD Gerindra mengakui memang sebelumnya Gerindra telah membangun komunikasi intensif dengan petahana Ridho Ficardo. Arahnya akan mendukung petahana, meski diakuinya tokoh lain yakni Herman HN juga melobi Gerindra. Namun perubahan kebijakan berjalan cepat menyusul perintah partai pada rapat DPD dengan DPP beberapa hari lalu.
 “Ya sekarang perintah DPP harus ngususng kader. Karena itu kami melakukan penjajakan menduetkan Ketua DPD Gerindra  Bang Gunadi Ibrahim dengan Ketua DPW PAN Pak Bachtiar. Kita posisi wagub saja,” katanya kemarin.
Ditambahkan, respons dari PAN pun positif. Bahkan, kini telah dikomunikasikan gagasan duet Bachtiar-Gunadi tersebut ke DPP partainya masing-masing. “Bersyukur harapan kami direspon PAN dan kita sama-sama komunikasikan ke DPP masing-masing,” tuturnya seraya menambahkan, ihtiar menduetkan Bachtiar-Gunadi tentu bukan hal mudah.
Orang dekat Ketua DPW PAN Lampung yang juga Wakil Gubernur ini mengakui bahwa banyak parpol yang meminta Bachtiar maju sebagai cagub. Beragam, ada yang cuma-cuma partainya mendukung hingga ada yang meminta kader terbaiknya digandeng jadi cawagub. “Tapi beliau kan tetap komit dukung Pak Ridho,” terangnya.
Lebih lanjut ditambahkan, dinamika politik yang mengarah agar Ridho-Bachtiar tak lagi bergandengan di Pilgub 2018 juga didorongnya Bachtiar maju sebagai cabup di Lampung Utara (Lampura). “Ini bukan saja karena peraturan tidak memungkinkan, tapi lebih pada  etika berpolitik. Tidak mungkin beliau melakukan itu,” tandasnya seraya menekankan bahwa penegasan Bachtiar Basri di berbagai tempat tetap mendukung Ridho bukan basa-basi.
Terpisah, Sekretaris DPD Parta Demokrat Lampung, Fajrun Najjah Ahmad mengatakan pihaknya mengapresiasi jika PDIP masih membuka pintu untuk Ketua DPD PD Lampung, M. Ridho Ficardo selaku petahana untuk mendaftar sebagai cagub dari partai banteng moncong putih.
Kami apresiasi hal itu. Dan setahu kami, memang di PDIP bisa mendaftar melalui DPP. Apakah nantinya Mas Ridho akan mendaftar? Kita liat saja perkembangannya bagaimana. Saya tidak mau mendahului langkah beliau (Ridho, red),” ujarnya via ponsel, kemarin.
Disinggung terkait calon pendamping M. Ridho Ficardo, Fajar – sapaan akrabnya -  ini pun mengatakan, jika PD Lampung telah bersepakat menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua DPD.
"Siapapun wakil yang nantinya dipilih oleh beliau, kami semua mendukungnya. Dan sebagai sekretaris DPD PD Lampung saya akan langsung menandatangani surat usulan rekomendasinya. Jadi soal wakil, itu hak sepenuhnya bagi beliau untuk menentukan,” ungkapnya.
Lebih lanjut, politisi berlatar belakang jurnalis ini pun mengungkapkan untuk saat ini PD Lampung terus melakukan komunikasi politik dengan partai politik lain dalam rangka untuk membangun koalisi partai.
“Kita di dewan hanya memiliki 11 kursi, jadi kita masih perlu berkoalisi untuk menghantarkan Mas Ridho untuk menjadi Gubernur Lampung yang kedua kalinya,” jelasnya.
Diberitakan sebelumnya, PDIP masih membuka pintu untuk petahana M. Ridho Ficardo mendaftar sebagai calon gubernur (cagub) yang akan diusung partai pemenang pemilu ini. Meski  penjaringan cagub dan cawagub melalui DPD PDIP Lampung telah ditutup, Sabtu (27/5),  Ridho bisa mendaftar melalui pintu DPP PDIP. (cah)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar