Senin, 01 Mei 2017

Gegap Gempita HUT Ke-18 Kabupaten Waykanan (ADV)

Waykanan – Bertepat tanggal 27 April 2017 Kabupaten Waykanan Genap Berusia 18 Tahun.Peringatan HUT Kabupaten yang berjuluk Ramik Ragom itu telah berakhir dengan segala gegap gempitanya. Segala elemen terlibat didalamnya,  mulai dari Pemerintah Kabupaten Waykanan, OPD, lembaga lembaga dan organisasi masyarakat, tak Tertinggal Pula DPRD Waykanan.
DPRD Waykanan dalam menyambut HUT Ke 18 tersebut juga menggelar berbagai kegiatan diantaranya mengikuti Pekan raya Waykanan yang digelar di Rusunawa KM  Blambangan Umpu mulai dari 20 April sampai 27 April lalu dengan memamerkan kegiatan dan Kiprah Dewan Waykanan selama ini.
Selain itu Paripurna Istimewa menyambut HUT juga digelar , Banyak Tamu Undangan hadir baik dari Kabupaten di  Propinsi Tetangga, seperti Kabupaten OKU Timur, OKU Selatan dan Oku Induk, Tak ketinggalan pula tamu undangan d Dari Kabupaten Kota se Propinsi Lampung. Gubernur Lampung hadir diwakili oleh Ibu Theresia Shormin Staf ahli Gubernur Lampung Bidang Kemasyarakatan dan SDM.
Tokoh pendiri Kabupaten Waykanan juga turut diundang diantaranya Hi. Ridwan Basyah.
Mengevaluasi Kemajuan Kabupaten Waykanan selama 18 Tahun ini tak lepas dari kinerja DPRD setempat. DPRD tidak hanya menjalin sinergisitas dengan jajaran eksekutif, tetapi ikut berkiprah memperjuangkan pembangunan Kabupaten waykanan yang sesuai dengan keinginan dan aspirasi Rakyat  banyak, bahkan turut serta membantu eksekutip memperjuangkan aggaran pembanguna kepada pemerintah Propinsi Lampung dan Pusat.
“Kegiatan yang selalu kita lakukan adalah pembahasan anggaran prioritas pembangunan tahunan meliputi bidang infrastruktur, Kesehatan, pendidikan, Pertanian, dan program pengentasan kemiskinan bersama masing-masing fraksi terkait dan satuan kerja pemkab Waykanan.” Ujar Nikman Karim Ketua DPRD setempat beberapa waktu lalu.
Selain membahas anggaran pembangunan para legislator waykanana juga aktif turun kebawah mengawasi jalannya pembangunan yang dilaksanakn pihak eksekutif. Pengawasan sebagai salah satu fungsi dari dewan selalu berjalan dan dilaksanakan sebagimana mestinya.
Terkait keluhan masyarakat bawah pihak DPRD waykanan juga proaktif melihat langsung ke lapangan, seperti adaya keluhan masyarakat Kecamatan Rebang Tangkas yang mengeluhkan rusaknya jembatan penghubung antar Kampung yang rusak beberapa waktu lalu. Mengingat vitalnya jembatan tersebut bagi pengerakan roda ekonomi masyarakat dan satu-satunya akses jalan pihak dewanpun segera proaktif dan memprioritaskan memperjuangkan anggaran pembangunan jembatan tersebut.
Terkait keluhan masyarakat akan banyaknya limbah perusahaan pihak legistalif melalui komisi terkait juga turun lapang. Salah satu pabrik yang dikunjungi adalah PT Budi Acid jaya di Kecamatan Blambangan Umpu untuk melihat langsung proses pembuangan limbah perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan tapioca tersebut. Terkait belum bagusnya IPAL dari Perusahaan milik Bumi Waras tersebut. Pihak Dewan Waykanan telah meminta perusahaan agar memperbaiki system pembuangan limbahnya agar tidak mencemari sungai yang airnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar pabrik.
Selain membahas anggaran dan mengesahkan Peraturan Daerah yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan Masyarakat. Pihak anggota dewan Waykanan selalu berusaha meningkatkan kapasitas dengan mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek ) di berbagai daerah.
Beberapa Kegiatan Bimtek yang telah diikuti para anggota dewan Waykanan diantaranya Bimtek Pembentukan Peraturan daerah dan Produk Hukum daerah di Jakarta Beberapa waktu lalu yang diikuti ketua, Wakil Ketua DPRD dan anggota Dewan Waykanan
Selain Jakarta beberapa daerah juga dikunjungan sebagai studi banding dewan waykanan yang hasilnya tentu akan diadopsi untuk dijadikan program di Kabupaten Ramik Ragom ini.
Daerah lain yang dikunjungi adalah Surabaya. Dalam kunjungan kerja tersebut Ketua DPRD Nikman Karim, Wakil ketua I Haris Nasution dan Wakil Ketua II Beta Juana dan tak ketinggalan para anggota dewan juga turut serta.
“Kunjungan kerja ke berbagai daerah di Indonesia dimaksudkan selain meningkatkan kapasitas para anggota dewan Waykanan, juga sebagai perbandingan dan memberi masukan meningkatkan kinerja anggota dewan demi kesejahteraan rakyat waykanan,” Papar Ketua DPRD Nikman Karim Lebih lanjut.
Peran sinergis lainnya dari dewan waykanan adalah peran social dan penyuluhan, belum lama ini pihak DPRD Waykanan bersama pemkab dan Polres Waykanan melakukan kegiatan sosialisasi tentang tertib berlalu lintas di Kecamatan Baradatu yang disambut dengan antusias tinggi dari masyarakat.
Seiring 18 tahun kabupaten tercinta harapan Masyarakat dipundak DPRD Waykanan sangat besar. Sebanyak 40 orang anggota DPRD Waykanan  periode 2014 – 2019 dibawah pimpinan Nikman Karim diharapkan tetap harmonis dan selalu berkomitmen bersama sama bersinergi  memperjuangkan aspirasi masyarakat demi waykanan yang lebih sejahtera dan mampu berdaya saing. (ADV/DPRD).



Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar