Selasa, 16 Mei 2017

Dupak Bagi Tenaga Fungsional Kesehatan Di Lingkungan Pemkab Lambar

LAMBAR - Asisten III Bidang Administrasi Umum Gunawan Rasyid SH membuka secara resmi Pelatihan Penyusunan Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (dupak) Bagi Tenaga Fungsional Kesehatan Di Lingkungan Pemkab Lambar Tahun 2017 yang di selengarakan oleh BKPSDM Kabupaten Lambar  Senin (15/05), di Ruang Rapat Keghatun BPKAD Lambar.
Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Dinas Kesehatan, Perwakilan Direktur RSUD Alimudin Umar, Tim Pengajar Pelatihan Daftar Usul Penetapan ANgka Kredit Tenaga Fungsional Kesehatan dan Peserta Pelatihan.
Asisten III Bidang Administrasi Umum Gunawan Rasyid menyampaikan penyelenggaran pemerintah yang efektif dan efisien ASN di tuntut untuk dapat bekerja lebih profesional termasuk juga bagi tenaga fungsional kesehatan. Profesionalisme yang menjadi salah satu pilar strategi pembangunan kesehatan di wujudkan antara lain melalui pembentukan berbagai jabatan fungsional di departemen kesehatan.
Kemudian ASN yang ditugaskan secara penuh melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan pengawasan dan pemberdayaan masyarakat sesuia profesi menjadi tanggung jawabnya. “oleh karena itu jabatan fungsionla tenaga kesehatan merupakan jabatan karier yang memerlukan pembinaan untuk menjamin obyektifitas [rpfesi yang di emban dalam penilain prestasi kerjanya, baik dari jabatan maupun kepangkatannya”, Jelasnya.
Selanjutnya diharapkan pelaksanaan pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan teknis ASN Jabatan fungsional dalam hal kepangkatan dan penyusunan angka kredit. Oleh karena itu pelaksanaan pelatihan pada dasarnya merupakan upaya meningkatkan pelayanan kepangkatan kepada aparatur pemerintah dengan kualifikasi jabatran fungsional perawat dan bidan.
“ dengan semakin meningkatnya pelayanan kepangkatan dan angka kredit bagi ASN pada jabatan funfsional juga diiringi dengan makin meningkatnya kualitas kerja dan profesionalisme para ASN pada jabatan fungsional di harapkan setelah mengikuti pelatihan ini dapat memahami seluruh materi yang dia jarkan oleh narasumber dan dapat melaksanakan  tugas kepelayanan kesehatan serta mentrasnfer ilmu yang di dapatkan kepada orang lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku”, Tutupnya.
Sementaara itu dalam laporanya Kepala BKPSDM Lambar Drs. Ismet Inoni menyampaikan dasar dari penyelanggaran pelatihan tersebut adalah UU No 5 Tahun 2014 tentang ASN ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 No.6 Tambahan Lembaran Negara RI No 5494). Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2012 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No 99 Tahun 2000 tentang kenaikan Pangkat PNS. PermenPAN No. 01/PER/M.PAN/1/2008 tentang Jabatan Fungsional Bidan dan ANgka Kreditnya. Permen PANRB RI No 25 Tahun 2014 tentang jabatan Fungsional Perawat dan ANgka Kreditnya. Peraturan Bersama Menteri Kesehatan dan Kepala BKN No 1110/MENKES/PB/XII/2008 No. 25 Tahun 2008 tentang petunjuk Pelaksaannan Jabatan Fungsional Bidan dan ANgka Kreditnya.
Peraturan Bersama Menkes dan Kepala BKN no 5 tahun 2015 no 6 tahun 2015 tentang petunjuk pelaksanaan peraturan menteri PAN RB RI no 25 tahun 2014 tentang jabatan fungsional perawat dan angka kreditnya. DPA- SKPD BKD kabupaten Lambar Tahun 2017.
Kemudian tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemapuan dalam bidang kepangkatan dan penyusunan Daftar usul penetapan angka kredit bagi tenaga fungsional kesehatan. Dengan sasaran peserta dapat memahami ketentuan ketentuan khsusu kepangkatan dan daftar usul penetapan angka kredit bagi PNS jabatan fungsional perawat dan bidan.  Dapat mengembangkan memberikan pengetahuan yang di dapat dalam pelatihan kepada PNS jabatan fungsional perawat dan budan khusunya di lungkungan tempat bekerja yang bersangkutan.
Selanjutnya kegiatan tersebut di ambil dari PNS jabatan fungsional perawat dan bidan yang di tunjuk oleh dinas kesehatan lambar sebanyak 36 orang  dan dari RSUD Alimuddin Umar Liwa, 4 orang dengan jumlah total sebanyak 40 peserta yang dilaksanakan selama 5 hari kerja selama 40 jam pembelajaran dari pukul 07.30 sampai dengan selesai dari tanggal 15 -19 Mei 2017.
“ materi Diklat Dupak ini berdasarkan adalah UU No 5 Tahun 2014 tentang ASN ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 No.6 Tambahan Lembaran Negara RI No 5494). Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2012 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No 99 Tahun 2000 tentang kenaikan Pangkat PNS. PermeNPAN No. 01/PER/M.PAN/1/2008 tentang Jabatan Fungsional Bidan dan Angka Kreditnya. Permen PANRB RI No 25 Tahun 2014 tentang jabatan Fungsional Perawat dan ANgka Kreditnya”, Tutupnya.(Irw)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar