Minggu, 07 Mei 2017

Dang Ike Ingatkan Peran Pers

BANDARLAMPUNG - Staf Ahli Bidang Sosopol Mabes Polri,  Inspektur Jenderal (Irjen) (Pol) Ike Edwin, mengajak pers kembali kepada kiblatnya,  yaitu meperkuat fungsi kontrol sosial sebagai mata masyarakat melihat dunia.

“Selamat merayakan Hari Kebebasan Pers Dunia ya,. Ingat, kalian harus selalu menjaga marwah jurnaistik kalian,” kata mantan Kapolda Lampung, yang menyalami atas peringatan World Press Freedom Day  atau Hari Kebebasan Pers Dunia (HKPD) yang diselenggarakan Badan Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (3/5) lalu.

Dang Ike, demikian pria 55 tahun ini biasa disapa, berpesan agar media massa betul-betul menjalankan fungsinya sebagai pemberi informasi, pendidik, penghibur, dan kontrol sosial. Media tidak boleh mengkhianati prinsip-prinsip jurnalistik yang mendustai nurani.

Maraknya politik praktis belakangan ini, menurut Ike Edwin bukan tidak mungkin media digunakan sebagai corong propaganda yang mencederai fakta kebenaran demi sebuah kepentingan. Akibatnya, fungsi media yang seharusnya mendidik dan menyajikan fakta kebenaran pun tereduksi.

“Media itu alat kontrol sosial. Jadi, harus tetap kritis, faktual, tapi konstruktif. Jika ada ketidakadilan di masyarakat ya sampaikan berdasarkan fakta. Jika ada fungsi pemerintahan yang tidak berjalan ya harus berani meluruskan agar para pemimpin yang seharusnya menjadi teladan rakyat bisa berbenah diri,” kata Ike.  (rls).



Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar