Minggu, 07 Mei 2017

Cari Gurprest, 50 Tenaga Pendidik Diseleksi

Tanggamus- Dinas Pendidikan Tanggamus menggelar seleksi guru berprestasi (Gurprest) tingkat Kabupaten di aula Dinas setempat pada 5-6 Mei.

Dalam kegiatan tersebut,sebanyak 50 tenaga didik yang terdiri dari pengawas sekolah,Kepala sekolah dan guru dari berbagai tingkatan mulai dari TK,SD dan SMP hasil seleksi dari tingkat Kecamatan beradu tanding untuk menjadi yang terbaik.

Nantinya,bagi peserta yang dinyatakan lulus oleh tim penilai akan dikirim untuk mewakili Kabupaten Tanggamus dalam seleksi tingkat Provinsi Lampung pada 20 Mei mendatang di hotel Nusantara,Bandar Lampung.

Kasi Tendik SD Dinas Pendidikan Tanggamus,Zahron Zainul.S.Pd mengatakan,pada tahun ini peserta yang mengikuti kegiatan tersebut jauh berkurang ketimbang tahun lalu yang mencapai 100 peserta. Hal itu karena terbatasnya anggaran,imbas dari efisiensi sehingga untuk tahun ini pihaknya hanya mampu mengirim 1 wakil terbaik ditiap jenjang untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

Padahal,pada tahun sebelumnya,pihaknya selalu menyertakan 3 wakil disetiap jenjang yang dilombakan.Diterangkan dia,anggaran gurprest pada 2016 mencapai Rp.65 juta dengan jumlah peserta mencapai 100 an peserta.Sedangkan pada tahun ini anggarannya hanya Rp.25 juta.

"Dengan adanya efisiensi ini,sangat menjadi kendala bagi kami.Mestinya kegiatan ini menggunakan LCD,tapi karena tidak ada anggaran,jadi kami terpaksa pinjam.Kalau dulu ada transport bagi peserta,sekarang tidak ada.Kemudian,kalau dulu ada dana sewa gedung,sekarang kami pergunakan ruang seadanya.Terpaksa ini dilakukan dengan fasilitas se-alakadarnya," keluh Zahron.

Tak pelak,dengan kondisi seperti ini,diakui dia membuat penilaian gurprest pada tahun ini tidak seefektif tahun-tahun sebelumnya.

"Bagi para juara,hanya akan diberikan piagam tanpa adanya uang pembinaan.Karena anggaran tahun ini sangat minim sekali," ungkapnya.

Hasil penilaian gurprest,sambung Zahron sudah akan diketahui pada hari ini,senin (8/5).Untuk selanjutnya hasil tersebut akan langsung disampaikan ke Pemprov Lampung.

"Saya baru masukkan data ke Provinsi hari senin,setelah saya dapatkan data yang lolos,saya langsung bawa dan daftarkan di Provinsi,"jelasnya.

Dia pun meminta kepada para wakil Tanggamus agar terus mengasah kompetensi dan mempelajari bahan soal yang akan diujikan. Kemudian,dia juga menekankan kepada mereka untuk selalu berkonsultasi dengan pengawas sekolah.

"Bagi para peserta yang dinyatakan lulus untuk mewakili Kabupaten Tanggamus di tingkat Provinsi,tolong rangkul dan minta pembinaan dari pengawas.Jangan hanya duduk diam saja dan merasa puas dengan hasil yang sudah diraih saat ini.Minta dibina oleh para pengawas,jangan pengawasnya yang datang ke mereka.Tolong para guru dekati dan tanya tentang soal-soal yang akan diujikan nanti.Karena pengawas kita banyak yang berkompeten,bahkan pernah menjadi juara tingkat Nasional sampai-sampai pernah ada yang ke Negara Cina," pungkas Zahron. (Ham) 


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar