Selasa, 30 Mei 2017

Biaya Pembangunan 2 Tugu di Lambar Dipertanyakan

LAMBAR-Besarnya anggaran yang dihabiskan untuk membuat Tugu Soekarno di Simpang Tebu Kelurahan Tugusari yang menghabiskan dana   Rp1.500.000.000,- (1,5 miliar)  dan biaya pembuatan tugu gerbang masuk kota liwa di Sekuting yang menghabiskan anggaran Rp1.782.000.000,- (1,7miliar lebih) pada APBD 2016 lalu dipertanyakan oleh masyarakat.
Koordinator FKPPM Kecamatan SUMBERJAYA Anton Hilman, S.Si menyampaikan hal tersebut kepada Koran Editor (30/5) diruang kerjanya ,bahwa pihaknya meminta Dinas PU Lampung Barat untuk menjelaskan bagian manakah dari tugu tersebut yang mahal sehingga membuat anggaran yang dihabiskan totalnya mencapai Rp3.282.000.000,- (3,28 miliar lebih) 
Anton pun membandingkannya dengan anggaran di APB Pekon beberapa pekon di kecamatan Sumberjaya. 
Untuk tahun 2016 lalu, APBPekon Sukapura  adalah sekitar  820jt, Pekon Sukajaya 830juta dan Sindangpagar 832juta dan Simpangsari 850juta, jadi total APBPekon keempat pekon tersebut sekitar 3,3miliar.Artinya total anggaran membangun 2 tugu tersebut hampir sama dengan APBPekon untuk 4 pekon selama setahun dengan jumlah total masyarakatnya 4 pekon tersebut sekitar 12.000 jiwa.
Sebagaimana kita ketahui, APBPekon itu digunakan untuk membiayai 4 kegiatan, yaitu Penyelenggaraan pemerintahan pekon, Pembangunan sarana dan sarana Infrastruktur, Pembinaan masyarakat dan Pemberdayaan masyarakat.
Disitulah ada anggaran untuk gaji aparat pekon, operasional pekon, anggaran pembangunan fisik di pekon, pembinaan organisasi seperti PKK POSYANDU KARANGTARUNA, insentif guru PAUD, guru ngaji dan sebagainya.  Sangat luar biasa anggaran yang ada di APBPekon itu kegunaan dan manfaatnya. 
 APBPekon juga digunakan untuk membangun jalan, jembatan, posyandu, poskamling, irigasi dan lainnya yang bermanfaat besar bagi pemenuhan hak dasar masyarakat, seperti kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan. 
Untuk itu dia menghimbau pihak-pihak yang mengerti tentang hal ini untuk bisa memberikan penilaian wajar atau kah tidak wajar anggaran untuk 2 tugu tersebut, yang mencapai 3,28 miliar lebih.
FKPPM sendiri berencana untuk mengkaji, menganalisa Tugu Soekarno dan Gerbang Kota Liwa  tersebut terkait dengan anggaran yang mencapai 1,5miliar, dan 1,78miliar dengan meminta bantuan dari pihak perguruan tinggi."Kawan-kawan mahasiswa asal Sumberjaya di Bandar Lampung berencana untuk mengkaji proyek ini yang di DPA Dinas PU 2016 itu namanya Penataan Pertigaan Tugusari Sumberjaya 1,5 miliar dan Pembangunan Gerbang Perkotaan 1,782 miliar, dan luar biasa anggarannya jika dibandingkan dengan hasilnya.
Semoga dengan adanya penjelasan dari Dinas PU secara terbuka akan membuat hal ini menjadi jelas, tidak salah paham atau curiga,  dan akan senantiasa percaya dengan kinerja pemerintah (Irw) 


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar