Selasa, 23 Mei 2017

Bentuk Provinsi Baru

KOTABUMI – Pembentukan Provinsi Lampung Raya kembali mengemuka. Para tokoh adat di Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) (Lampura) Lampung Utara sepakat mendorong segera terbentuknya Provinsi Lampung Raya. Kesepakatan tersebut hasil pertemuan di kediaman Ketua MPAL Lampura, Iwan Ali Hasan, Selasa (23/5) kemarin.
Para tokoh adat yang kemarin tak kurang dari 70-an tokoh tersebut berasal dari Kebuayan Nunyai, Kunang, Beliuk, Selagai, Sungkai Bunga Mayang, dan Semendo Abung.  "Tercetuslah pembentukan Provinsi Lampung Raya. Provinsi baru ini aspirasi dari rakyat," kata Iwan Ali Hasan.
Diterangkan, keinginan membentuk Provinsi Lampung Raya hanyalah untuk pemerataan pembangunan bagi masyarakat, dan memperpendek rentang kendali serta jalur birokrasi. Menurutnya, ada beberapa tahapan dalam pembentukan Provinsi Lampung Raya. Dimana, pemerintahan Provinsi Lampung Rayo akan dipusatkan di Lampura. Lalu, Kabupaten Lampura nantinya akan berubah status menjadi Kota Lampura yang merupakan ibukota dari Provinsi Lampung Rayo tersebut.
Ditambahkan, untuk merealisasikan wacana kabupaten menjadi Kota Lampura, pihaknya akan mengusulkan kepada Pemkab untuk memekarkan Kecamatan Kotabumi, Kotabumi Selatan, dan Kotabumi Utara. Ketiga kecamatan itu diusulkan dipecah menjadi lima kecamatan, yakni Kecamatan Kotabumi, Kotabumi Selatan, Kotabumi Utara, dan Kotabumi Barat, serta Kotabumi Timur.
Masih menurut Iwan, pihaknya juga mendukung dan mendorong sepenuhnya pembentukan dua daerah otonomi baru di Lampura, yakni Kabupaten Sungkai Bunga Mayang (SBM) ‎dan Kabupaten Bukit Abung (BA). Proses pembentukan Kabupaten SBM kini sudah ada di tangan Pemerintah Provinsi Lampung untuk dibahas dan diparipurnakan oleh DPRD Provinsi Lampung. Sedangkan untuk wacana pembentukan Kabupaten Bukit Abung meski sempat terdengar gaungnya hingga kini belum pernah diproses oleh DPRD Lampura.
“Langkah awal dari pembentukan Provinsi Lampung Rayo adalah memekarkan dulu tiga kecamatan itu. Lalu, mendukung dan mendorong pembentukan Kabupaten SBM dan Bukit Abung. Kami juga meminta dukungan kepada para tokoh adat eks pecahan Lampura ‎ dan juga para tokoh adat Lampung Tengah dan Lampung Selatan terkait wacana pembentukan Provinsi Lampung Rayo tersebut. Tujuannya agar persatuan dalam adat tetap terjalin dan terjaga meski kelak tak lagi dalam satu provinsi. Dalam adat, kita tetap bersatu meski tak lagi tinggal di provinsi yang sama,”jelasnya.
Diketahui,  rekomendasi yang dihasilkan dalam rapat tersebut diantaraya menyepakati agar Pemkab Lampung Utara memproses pemekaran Kecamatan Kotabumi, Kotabumi Utara, dan Kotabumi Selatan untuk memuluskan wacana pembentukan Provinsi Lampung Rayo.  Kedua, ‎mendukung sepenuhnya pembentukan Kabupaten SBM dan BA. Terakhir, membentuk panitia ad hock (sementara) sebagai langkah nyata untuk menyampaikan rekomendasi kepada pihak legislatif dan eksekutif terkait wacana – wacana tersebut.
Menurut catatan Editor, mantan Bupati Tulangbawang dua periode Abdurrachman Sarbini, adalah tokoh paling getol memperjuangkan Provinsi Lampung Raya. Bahkan saat itu pemilik panggilan akrab Mance ini menyatakan Tulangbawang siap menjadi ibukota Lampung Raya. "Cepat atau lambat, suatu hari nanti  akan melahirkan provinsi baru yang bernama Lampung Raya," terang Mance, saat itu.
Mence mengaku, pembentukan Provinsi Lampung Raya segera terealisasi, dengan menggandeng enam kabupaten lainnya yang berada di bagian utara Provinsi Lampung. Bahkan, menurut dia, saat itu persiapan pembentukan provinsi Lampung Raya sudah mencapai 99 persen.
"Sudah (persiapan) 99 persen, tinggal satu persen lagi. Insyaallah Tulangbawang akan melahirkan provinsi baru bersama enam kabupaten lain," ujarnya.
Sekadar diketahui, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2007 (pengganti PP No. 129/2000) khususnya pasal 8, pembentukan provinsi paling sedikit 5 kabupaten/kota.
Kini dalam wilayah eks Lampura sudah berdiri enam daerah otonom. Masing-masing Lampung Utara, Lampung Barat, Waykanan, Tulangbawang, Mesuji, dan Tulangbawang Barat. (ega)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar