Minggu, 21 Mei 2017

Bangun Moral Generasi Muda, Bupati Mustafa Terus Cetak Hafiz Quran

Lampung Tengah – Sebanyak 6400 siswa se-Kabupaten Lampung Tengah mengikuti wisuda hafiz Al-quran yang dipusatkan di Gedung Sesat Nuwo Balak Lampung Tengah, Rabu, 17/5/2017. Mereka terdiri dari pelajar siswa SD dan SMP di Lampung Tengah yang telah hafal al-quran 1-30 juz.   
Mencetak hafiz di lingkungan pendidikan, menjadi bagian dari upaya Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa dalam rangka menanamkan nilai-nilai agama dan moral pada generasi muda di Lampung Tengah.
Sebelumnya Bupati Mustafa juga telah mengeluarkan Perbub wajib baca al-quran bagi calon siswa yang mengikuti seleksi masuk SMP dan SMA. Melalui Perbub wajib baca quran diharapkan akan menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berkarakter.
“Membangun generasi berkualitas, kita tidak hanya berbicara jago matematika atau pengetahuan umum, tetapi juga penting pembangunan karakter dan keimanan. Ini adalah pondasi yang harus kita tanamakan, agar anak-anak kita dari narkoba maupun pergaulan-pergaulan negatif di luaran sana,” ungkap Mustafa.
Kedepan perhatian terhadap hafiz-hafiz quran akan terus dilakukan Pemkab Lampung Tengah. Saat ini perhatian terhadap guru ngaji telah diberikan dengan pemberian insentif kepada guru-guru ngaji di kampung dan di pondok pesantren. Pemberian beasiswa nantinya juga akan diberikan kepada hafiz quran berprestasi.
“Saya minta Dinas Pendidikan bisa terus melakukan pendampingan. Program tahfiz quran harus benar-benar diimplementasikan dengan baik di sekolah-sekolah. Mari kita sibukkan anak-anak kita dengan kegiatan positif, sehingga mereka tidak akan pernah kenal narkoba, miras, tawuran dan hal negative lainnya,” tegasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan A. Helmi menuturkan, wisuda Hafiz Quran merupakan aplikasi dari Perbub No. 6 tahun 2016 tentang wajib baca al-quran. Jumlah siswa yang diwisuda yakni sekitar 6400 siswa terdiri dari siswa SD dan SMP se-Lampung Tengah.
“Dari 6400 siswa, sebanyak 1200 siswa mengikuti prosesi wisuda di Nuwo Balak hari ini. Mereka adalah pelajar-pelajar kita yang telah tamat iqra dan mempunyai hafalan al-quran dari 1-30 juz. Penerapan wajib baca Al-quran bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai al-quran pada generasi muda di Lampung Tengah,” katanya.  

Dia menambahkan, pendidikan yang berkarakter serta penanaman nilai-nilai keimanan penting diterapkan untuk membentengi siswa dari pergaulan negatif baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. “Tes baca Al-quran wajib bagi yang muslim. Sementara agama lain disesuaikan dengan agama masing-masing,” pungkasnya.(san/asa)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar