Selasa, 16 Mei 2017

Andi Surya Minta Kakon Transparan Gunakan DD

Tanggamus- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI), Provinsi Lampung Andi Surya melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. Kunjungan kerja  dalam rangka pengawasan pelaksanaan dana desa itu bertempat di Aula Kantor Kecamatan setempat.
Dalam arahanya dihadapan kepala pekon (Kakon) se-Kecamatan Pugung, Andi Surya mengatakan bahwa kunjungan kerja ini dilakukan sebagai bentuk tugas dan kewajiban sebagai wakil rakyat, dimana wakil rakyat sendiri lanjutnya tidak hanya tugas dari dewan perwakilan rakyat (DPR) RI saja melainkan hal tersebut juga menjadi kewenangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang dipilih langsung oleh rakyat yang merupakan tiang-tiang daerah sesuai dengan amanat UU tahun 1945.
"Nah baik DPR RI maupun DPD RI inilah yang mengecek terhadap kebijakan-kebijakan negara yang tujuannya agar kebijakan itu menjadi seimbang, terlebih DPD RI yang merupakan wakil rakyat, wakil daerah baik itu Provinisi, Kabupaten/Kota, sampai dengan Kecamatan hingga Pekon, jadi apabila ada aspirasi silahkan sampaikan kepada kami sehingga kami bisa memfasilitasinya," kata Andi Surya, Selasa (16/5).
Dalam kesempatan itu ia juga menekankan, kepada seluruh Kepala Pekon agar dalam  penggunaan dana Desa lebih terbuka dan transparan, melibatkan tokoh masyarakat, dan Badan Hippun Pemekonan (BHP), selain daripada itu lanjutnya yang perlu dan harus dilaksanakan oleh pekon, dalam penggunaan dana desa harus menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), hal ini bertujuan agar laporan keuangan di Pekon dapat dipertanggung jawabkan dengan baik.
"Terlebih saat ini, banyak oknum-oknum yang dengan sengaja mencari-cari kesalahan, dengan cara mengirim surat kaleng kepada BPK, atas dasar itu mereka turun, dan memeriksa, apabila kenyataannya laporan keuangan tidak sesuai tentunya akan berhadapan dengan hukum, untuk itu sebelum hal tersebut terjadi lindungi dengan melibatkan masyarakat dalam gunakan aplikasi siskeudes agar laporan keuangan sesuai dan transparan," ujarnya.
Sementara itu, Camat Pugung Ismail Johansyah mengatakan, pihak Kecamatan dalam hal ini, sangat menyambut baik kunjungan kerja dari anggota DPD RI tersebut, yang mana melalui kegiatan itu, lanjutnya, untuk lebih memberikan wawasan dan pengetahuan bagi seluruh Kakon khususnya di Kecamatan Pugung, khususnya tentang penggunaan dana Desa hal ini untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan dikemudian hari
"Saya berharap apa yang telah disampaikan oleh anggota DPD RI, ini dapat dipahami dengan baik oleh seluruh Kepala Pekon, terlebih  tahun ini anggaran dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah sangat besar, dan itu harus diimbangi dengan laporan yang dan penggunaannya yang juga harus sesuai," tandasnya.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Tanggamus dari Fraksi Partai Demokrat, Hajin M Umar, Asmilawati Anggota DPRD dari Fraksi Partai Hanura, Sekcam Pugung Imron, Ketua Apdesi Pugung, Indrawan M Toha dan seluruh Kepala Pekon, Sekdes serta bendahara Pekon. (Ham). 


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar