Rabu, 17 Mei 2017

Acara Audiensi Pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat Dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat Dan Tokoh Pemuda Se-Kabupaten Pesisir Barat

PESISIR BARAT-Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.Hi. Agus Istiqlal, S.H.,M.H. akan menyampaikan beberapa hal  agar kita dapat menjalin silaturahmi dengan baik, maka harus kita pahami terlebih dahulu apa pengertian silaturahmi.
Pada kesempatan ini Bupati  akan menyampaikan bahwa silaturahmi berasal dari dua kata yang digabungkan yaitu shilah yang artinya hubungan atau menghubungkan, sedangkan pengertian rahmi mempunyai dua makna, yakni,pertama berarti kelembutan atau kasih sayang, yang kedua bermakna peranakan (RAHIM) atau kekerabatan yang masih ada pertalian darah (persaudaraan). dengan demikian, silaturahmi berarti menjalin hubungan kasih sayang. selain itu silaturahmi juga bisa berarti menjalin hubungan kekerabatan.
Bupati menambahkan,berangkat dari makna silaturahmi sebagaimana di atas, menjalin silaturahmi berarti menjalin hubungan kasih sayang dengan kerabat maupun dengan orang lain. dengan demikian, seseorang belum dikatakan bisa menjalin silaturahmi apabila dengan  saudara sendiri  tidak memiliki prilaku untuk menjalankan kehidupan dengan penuh kerukunan katanya.
Dalam rangka memperkuat hubungan silaturahmi antara pemerintah daerah dengan seluruh masyarakat yang berada di kabupaten pesisir barat, maka semenjak kepemimpinan kami selaku bupati pesisir barat telah menempatkan nilai-nilai utama dalam kehidupan bermasyarakat yaitu ber-adat, ber-adab, ber-budaya dan ber-agama. hal tersebut merupakan nilai-nilai kehidupan masyarakat yang memang telah tertanam sejak masa lampau di negeri parasai batin dan para ulama ini. Hadir dalam acara tersebut,ketua dan anggota DPRD kabupaten pesisir barat ,wakil bupati pesisir barat,unsur  forkopimda kabupaten pesisir barat dan kabupaten lampung barat,sekretaris daerah/staf ahli bupati/para asisten/inspektur/kepala dinas/kepala badan/kepala kantor/kepala bagian/para camat di lingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat,tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda se-kabupaten pesisir barat.(17/5) yang bertempat di GSG selalaw   
Bupati menambahkan,seluruh umat muslim didunia akan  memasuki bulan suci ramadhan 1438 H,  dimana bulan ramadhan dianalogikan sebagai tamu istimewa yang harus diperlakukan secara istimewa pula. bulan suci ramadhan merupakan anugerah dari allah swt yang nilainya sangat luar biasa. dengan demikian bulan suci ramadhan adalah waktu yang bisa dijadikan sebagai kesempatan bagi umat muslim untuk menyiapkan bekal menuju akhirat kelak.untuk menunaikan ibadah puasa di bulan suci ramadhan bukan sekedar kewajiban tahunan, melainkan ibadah puasa lebih kepada kewajiban yang mampu menggugah moral, akhlak, dan kepedulian sosial. selain itu ibadah puasa merupakan kewajiban yang universal bagi seluruh umat yang beragama islam. sehingga perlu diyakini bahwa ibadah puasa merupakan kewajiban yang disyariatkan kepada setiap kaum muslimin/muslimah tutupnya (Irw).

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar