Minggu, 07 Mei 2017

264 Desa di Lamtim Terima ADD Rp. 101 M

Lampung Timur – Tahun 2017, seluruh desa di Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) bakal mendapat suntikan dana milyaran rupiah. Dana tersebut berasal dari Pemerintah Daerah Lamtim, Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Pusat yang digunakan untuk memajuan pembangunan di tingkat desa. Pemerintah Daerah Lamtim dibawah kepemimpinan Bupati Chusnunia Chalim siap menggelontorkan dana sebesar Rp. 101 M dalam bentuk Anggaran Dana Desa (ADD)..

Kepala BPMPD Lamtim, Sahrul Syah menjelaskan, pihaknya telah melaksanakan rapat dengan seluruh Kades SeKab-Lamtim Guna membahas persiapan penyaluran dana yang akan dikelola masing - masing desa.

"Kami telah melakukan rapat prefikasi akhir tahun dengan kepala desa yang ada di Lamtim untuk menerima bantuan dana yang akan dikelola oleh masing-masing desa untuk tahun ini," ujarnya di ruang kerjanya, belum lama ini. 

Dijelaskannya, adapun kucuran dana yang akan di kelola sejumlah desa yang ada di Kabupaten Lampung Timur memiliki empat sumber, yakni dana yang bersumber dari pendapatan asli desa, Dana Desa (DD) yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Alokasi Dana Desa (ADD) dan Gerbang Indah (GI) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Gerbang Saburai (GS) yang di berikan oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

Kendati demikian, dari 264 desa di Kabupaten Lampung Timur, hanya terdapat 4 desa yang menerima kucuran dana dari pemerintah Provinsi. Sebab, 4 desa yang akan mendapatkan bantuan tersebut dinilai oleh pemerintah Provinsi sebagai desa tertinggal di Kabupaten Lamtim.

"Nominal dana yang akan di kelola setiap desa akan mencapai satu milyar lebih yang berasal dari beberapa sumber, baik dana dari pendapatan desa itu sendiri, APBN, APBD dan Dana Gerbang Saburai yang berasal dari pemerintah Provinsi Lampung. Namun bantuan dari Provinsi Lampung hanya untu empat desa, yaitu desa yang ada di Gunung Raya kecamatan Marga Sekampung, Desa di kecamatan Sukadana serta desa Sumur Kucing yang di nilai provinsi sebagai desa tertinggal," jelas Sahrul.

Ia merincikan, dana transter dari Kabupaten Lamtim yang berbentuk ADD untuk seluruh desa mencapai Rp 101 Milyar, Gerbang Indah mencapai Rp 50 juta untuk setiap desa, dan transfer dana dari pemerintah Provinsi Lampung mencapai Rp 300 juta perdesa bagi empat desa yang ada di Lamtim. Sedangkan DD yang berasal dari APBN belum dapat dirincikan.

Lanjutnya, Sejumlah dana tersebut akan di salurkan secara bertahap ke setiap desa di Lamtim. Seperti ADD yang akan di kucurkan dalam waktu dekat ini, Sementara dana GI akan di salurkan pada bulan juli mendatang, kemudian DD akan di transfer ke desa dalam minggu ke empat. 

"ADD dalam minggu-minggu ini sudah bisa di transfer ke desa. Untuk dana Gerbang Saburai masih di proses dan tertunda, sehingga di perkirakan akan dikucurkan pada bulan juli,"ucapnya.

Ia menambahkan, Sedangkan kewajiban desa yang harus dipenuhi yaitu, verifikasi APBDesnya untuk tahun 2017 telah selesai, SPJ untuk tahun 2016 juga harus selesai termasuk didalamnya laporan bukti setor pajak. (pung)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar