Minggu, 21 Mei 2017

2018, PUPR Tanggamus Usulkan Tiga Titik Perbaikan Jalan

Tanggamus- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanggamus, tengah mengupayakan usulan peningkatan dan perbaikan tiga titik ruas jalan di Kecamatan Ulu Belu ke Kementrian Pekerjaan Umum Pusat melalui dana alokasi khusus (DAK) tahun 2018. 

Kepala Dinas PUPR, Riswanda Djunaidi melalui Kabid Bina Marga Ishak Basuki mengatakan tiga titik jalan yang diusulkan untuk ditingkatkan perbaikannya tersebut yakni, jalan Pekon Pagar Alam-Ngarip, Pekon Sukamaju yang merupakan akses wisata air terjun lembah pelangi, serta Jalan Pekon Ngarip yang ada disamping kantor kecamatan, rincian ketiga ruas jalan tersebut yakni Jalan Pagar Alam-Ngarip 500 meter, Sukamaju 800 meter serta Pekon Ngarip samping kantor kecamatan sekitar 400 meter lebih, hal itu dikarenakan sudah ketentuan dari pusat bahwa pengajuan perbaikan jalan melalui DAK minimal 2 kilometer.

"Jadi untuk mensiasatinya, ketiga ruas jalan tersebut kita jadikan satu, dan nantinya tekhnis dilapangan dijadikan satu paket sehingga panjangnya mencapai 2 kilometer, dan itu tengah kita usulkan, untuk realisasinya tentu pusat ada skala prioritas," kata Ishak Basuki, Minggu (21/5).

Masih menurutnya, panjang ruas jalan yang tengah diusulkan untuk khusus untuk dua titik seperti di Pekon Ngarip- Pagar Alam maupun Sukamaju, Ulu Belu tidak begitu banyak hal itu dikarenakan sisi kiri kanan jalan merupakan tanah register sehingga tidak bisa diusulkan untuk diperbaiki, ketiga ruas jalan tersebut diperbaiki dikarenakan ruas jalan seperti di Ngarip-Pagar Alam sering terjadi longsor karena ada sumber mata air, sedangkan pekon Sukamaju dan jalan samping kantor kecamatan karena sering dilalui masyarakat dan akses lalu lintas yang terhitung padat.

"Tiga ruas jalan tersebut ada perbaikan lanjutan dan ada juga yang baru dibangun, seperti di Ngarip dan jalan lingkar kantor kecamatan akan dilanjutkan hotmik, sedangkan di lembah pelangi akan di onderlagh dahulu, dan kalau anggaran mencukupi akan di bangun lapen hingga hotmik" ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk usulan perbaikan yang masuk didalam bank data bidang Bina Marga, baik itu usulan dari masyarakat, DPRD maupun dari instansi Pemkab Tanggamus, melalui survey dinas atau instansi terkait seperti Dinas Pariwisata, berdasarkan survey, dinas tersebut mengusulkan agar ruas jalan lembah pelangi yang notabenenya tempat wisata yang saat ini mulai dikenal tersebut perlu diperbaiki.

"Setiap usulan akan kita tampung, dan dilihat skala prioritas, dan akan kita usulkan ke pusat karena mengingat anggaran kita juga saat ini terbatas, jika disetujui oleh pusat ,diperidiksi anggaran untuk ketiga jalan tersebut mencapai Rp 2,5 Miliar," tukasnya. (Ham) 


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar