Kamis, 27 April 2017

Rycko Masuk Lima Besar Balongub Lampung

BANDARLAMPUNG - Nama Rycko Menoza mencuat, mantan bupati Lampung Selatan Periode lalu itu masuk lima besar Akseptabilitas dan Elektabilitas Lembaga Survei Kuadran.


Yang dimaksud Akseptabilitas sendiri ialah rasa suka Responden terhadap Bakal Calon Gubernur Provinsi Lampung, meskipun nama-nama yang dikenal belum tentu mencalonkan diri pada Pemilihan Gubernur tahun mendatang.


Berdasarkan Survei 400 responden yang tersebar di 15 Kabupaten/kota selama 5 hari mulai tanggal 21-25 April 2017 itu didapati 5 besar dari 22 nama yang Akseptabilitasnya tinggi.


Herman HN, Walikota Bandarlampung menempati urutan teratas sebesar 42%, diikuti M. Ridho Ficardo, Gubernur Lampung sebesar 37,25%, Mustafa, Bupati Lampung Tengah sebesar 15,25%, Eva Dwiana anggota DPRD Lampung sebesar 13,25%, dan urutan lima mantan bupati Lampung Selatan periode sebelumnya Rycko Menoza sebesar 13%.


Hal yang sama terjadi di Survei Elektabilitas Bakal Calon Gubernur Lampung periode 2018, Rcyko bahkan masuk di urutan keempat Lembaga Survei Kuadran.


"Saat diberikan pertanyaan siapakah yang akan bapak/ibu pilih atau pantas dipilih sebagai Gubernur Lampung jika pemilihan Gubernur Lampung diselenggarakan hari ini, mengerucut 15 nama," kata didi Wahyudi, Direktur kuadran di Rumah Santap Kampoeng Bamboe, Kamis, (27/4).


Dari 15 nama itu, Herman HN lagi-lagi menempati urutan teratas sebesar 24%, diurutan kedua M. Ridho Ficardo sebesar 13,25%, urutan ketiga Mustafa 12,75%, urutan keempat Rcyko Menoza sebesar 3% dan peringkat lima nama Bupati Lampung barat mencuat sebesar 2%.


Metode yang digunakan dalam survei ini ialah cluster random sampling, dengan survei perkabupaten mengahsilkan Tingkat kepercayaan 95%, Margin of error (tingkat kesalahan) 5, Jumlah sample 400 responden dengan 20 relawan yang dikerahkan.


"Hasil survei ini sementara dan dapat berubah setiap waktu tergantung apa yang dilakukan bakal calon gubernur, mungkin dia muncul di tengah publik dan sebagainya. Setiap kandidat memiliki kesempatan yang sama untuk memenangkan pemilihan gubernur lampung 2018," kata dia. (Cah).
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar