Jumat, 28 April 2017

Kabupaten Lampung Barat Turut Berpartisipasi


LAMBAR-Pada Hari Ulang Tahun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Ke-42. Bentuk partisipasi Kabupaten Lampung Barat dalam kegiatan tersebut berupa Pameran Produk Unggulan Daerah, Parade Busana Daerah dan Pagelaran Tari pada Citra Budaya Tradisi pada 20 -23 April 2017 TMII Jakarta . Pameran Produk Unggulan Daerah dan Parade Busana Daerah digelar di Sasana Kriya TMII, sedangkan Pagelaran Tari Citra Budaya Tradisi digelar di Anjungan Propinsi Lampung TMII, ujar Sekretaris Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Porapar) Kabupaten Lampung Barat Drs. Sandarsyah mendampingi Kadis Porapar Kabupaten Lampung Barat Indra Kusuma, S.Sos.
Rombongan dipimpin oleh Sekretaris Dinas Porapar Kabupaten Lampung Barat Drs. Sandarsyah, dengan penanggungjawab kegiatan Kabid Pemasaran Pariwisata Marzuk, SIP dibantu para Kepala Seksi yang ada di Bidang Pemasaran Pariwisata (Endang Guntoro, SH, Riyadi Andrianto SH, dan Sopan Sopian, S.IP  MM).
Lebih lanjut menurut Sandarsyah, Produk Unggulan yang ditampilkan pada pameran tersebut berupa kain tapis, tas dan dompet tapis, baju celugam, dan baju tapis. Sedangkan  produk makanan yang ditampilkan berupa, kacang retak lalak, kripik pisang, kue tart, madu, gula aren, dan kopi bubuk.
Pameran ini ditujukan untuk mengenalkan produk unggulan kabupaten Lampung Barat, sehingga masyarakat luar tahu produk unggulan apa yang ada di kabupaten Lampung Barat. Dengan adanya masyarakat luar tahu, diharapkan mereka akan membeli produk unggulan tersebut, yang pada akhirnya masyarakat kabupaten Lampung Barat mendapat nilai tambah dari produk tersebut.
Pada Parade Busana Daerah , Kabupaten Lampung Barat merupakan Duta atau mewakili Propinsi Lampung diperhelatan tersebut. Kabupaten Lampung Barat menampilkan pakaian pengantin adat  hasil desain dari Perancang Busana Dedi Edwin.
Pakaian ini terinspirasi dari ceritra Putri Sindi, salah satu putri ratu dari kerajaan adat Paksi Pak Skala Brak, ketika ia akan melangsungkan perkawinannya.
Pagelaran Tari Citra Budaya Tradisi yang dihadiri oleh Kepala UPTD Balai Pengelolaan Anjungan Propinsi Lampung TMII Sulastri, S.Si menampilkan empat judul tari yakni Siger Pengunten, Gukhauan Sanak Sekura, Bedana Kipas, dan Sendra Tari Putri Sindi. Keempat buah tari ini sebagai Penata Tari/Koreografer adalah Novan Sai Liwa.
Dalam pementasan tari ini kabupaten Lampung Barat mendapat applause dari penonton. Mereka terkesima dengan tarian yang ditampilkan, terutama pada pementasan Sendra Tari Putri Sindi. Disamping ceritanya bagus, penataan tari sangat apik. Dan harapan  mereka agar pementasan ini dapat menjadi agenda rutin di Anjungan Lampung TMII, pungkas Sandarsyah (Irw)




Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar